Sukses

35 Persen Lulusan IPDN Bakal Dikirim ke Perbatasan

Angkatan ke-24 Praja IPDN meluluskan 2009 siswa yang langsung berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melepas kelulusan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ke-24.

Dalam pesannya, Tjahjo berharap para pelopor revolusi mental ini dapat berintegritas dan loyal kepada negara.

"Lulusan IPDN kiranya dapat memberi sumbansih nyata, pesan saya selaku Mendagri, untuk selalu menjunjung tinggi itegritas loyalitas di tempat kalian nanti yang amanah penuh tanggung jawab," kata Tjahjo yang diwakilkan oleh Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di Kampus IPDN, Jakarta Selatan, Selasa (17/7/2018).

Angkatan ke-24 Praja IPDN meluluskan 2009 siswa yang langsung berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Mereka nantinya ditempatkan sesuai kebutuhan negara yang terbagi atas tiga titik.

"Lulusan IPDN ke-24 akan ditempatkan di tiga titik, 15 persen di pemerintahan pusat, 35 persen di kawasan perbatasan, dan serta 50 persen di pemerintah daerah," lanjut Hadi selaku inspektur upacara yang menggantikan Mengadri Tjahjo Kumolo.

Dijelaskan, penempatan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Kementerian Dalam Negeri No. 27 tahun 2017, tentang penempatan lulusan IPDN yang menugaskan lulusan IPDN ditempatkan di lintas provinsi daerah perbatasan negara.

"Ini (penempatan) adalah komitmen pemerintah dalam pengembangan wilayah memajukan daerah sesuai dengan Nawacita, agenda membangun Indonesia lewat pinggiran dalam kerangka NKRI," tandas Hadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.