6 Jalur Tol Jakarta-Cikampek Ditutup Mulai Hari Ini

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 17 Jul 2018, 09:28 WIB
Diperbarui 19 Jul 2018, 09:13 WIB
Tol Cikampek Diberlakukan contraflow

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga akan menutup Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) di 6 jalur mulai hari ini, Selasa (17/7/2018).

Penutupan ini dilakukan karena PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated akan menggunakan launcher gantry untuk pelaksanaan komisioning erection steel box girder.

Pemasangan ini, termasuk dalam kategori pekerjaan dengan risiko tinggi. Sehingga 6 jalur yaitu tiga lajur Arah Cikampek (lajur 4, 3 dan 2) dan tiga lajur arah Jakarta (lajur 4, 3 dan 2) akan ditutup.

Penutupan lajur dilakukan antara pukul 21.00 WIB-05.00 WIB. Hal tersebut dilakukan demi keamanan dan keselamatan kerja untuk pekerja proyek dan demi keamanan dan keselamatan lalu lintas bagi pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"PT JJC mohon maaf jika terdapat hambatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk tiga arah di sekitar Bekasi Barat sampai Tambun, dan arah sebaliknya selama kegiatan berlangsung," tulis PT Jasa Marga dalam keterangan tertulisnya.

PT JJC mengimbau kepada pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanannya, dan jika terjadi kepadatan maka pengguna jalan dapat menggunakan jalur alternatif.

Beberapa jalur alternatif menuju Cikampek yang dapat digunakan pengguna jalan tol yang sudah berada dalam Jalan Tol Jakarta-Cikampek dapat keluar ke jalan arteri melalui Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat dan kemudian masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cibitung, demikian pula dari arah yang sebaliknya.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang membentang di Ruas Cikunir-Karawang Barat merupakan jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung. Jalan tol sepanjang kurang lebih 38 Km dikelola oleh kelompok usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek.

Adapun rencana keseluruhan pelaksanaan erection steel box girder dengan launching gantry tersebut secara pararel dijadwalkan di tiga lokasi median Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting yaitu dari Bekasi Barat ke Bekasi Timur, Bekasi Timur ke Tambun, dan Cikarang Barat ke KM. 39 pada bulan Agustus 2018. Secara keseluruhan pekerjaan erection steel box girder dengan launcher gantry dijadwalkan selesai pada akhir bulan Desember 2018.

Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui:

- Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080

- Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya)

- Instagram @official.jasamarga

- Aplikasi Mobile JMCARe yang dilengkapi fitur push notifications.

- Website http://www.jasamarga.com