Guru di NTT Izinkan Orangtua Murid Temani Anak di Kelas 3 Hari

Oleh Maria Flora pada 16 Jul 2018, 16:11 WIB
Diperbarui 16 Jul 2018, 14:09 WIB

Fokus, Belu - Suasana SD Negeri Wirasakti, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) di hari pertama sekolah, nampak sejumlah orangtua menemani anak-anak mereka yang baru duduk di bangku kelas satu mengikuti pengenalan sekolah, pada Senin pagi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (16/7/2018), mereka pun ikut masuk ke ruang kelas. Menurut para orangtua hal ini guna memberi rasa nyaman dan percaya diri kepada anak-anak mereka dalam menghadapi hari pertamanya.

Meski demikian, pihak sekolah hanya mengizinkan mereka menemani anak-anaknya selama tiga hari. Lantaran dalam tiga hari ke depan hari belajar efektif akan dimulai.

"Orangtua datang dan mendampingi hanya tiga hari saja, setelah itu sudah diserahkan kepada guru," kata Kepsek SD Negeri Wirasakti, Yosep Kono

Hal serupa juga terjadi di Palembang, Sumatera Selatan. Sejumlah orangtua terpaksa izin tidak masuk kantor demi mengantar dan mendampingi anak-anak mereka sekolah di SD Negari 47.

Beberapa di antaranya bahkan berencana akan mendampingi hingga berakhirnya jam belajar sekolah. Mereka khawatir anak-anaknya akan menangis bila ditinggalkan.

"Iya nunggu sampai dia selesai pulang sekolah. Takutnya nangis, masih takut namanya masih anak-anak," ujar Azizah, orangtua siswa.

Kehadiran orangtua ini di hari pertama masuk sekolah tak pelak menimbulkan kepadatan di jalanan sekitar sekolah. Lantaran mereka memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan menuju sekolah. (Ridho Insan Putra)

Live Streaming

Powered by