Gunung Agung Meletus, Embusan Abu Vulkanik Capai 1.500 Meter

Oleh Maria Flora pada 16 Jul 2018, 08:05 WIB

Fokus, Bali - Aktivitas vulkanik Gunung Agung masih tinggi. Sepanjang hari Minggu tercatat terjadi sebanyak dua kali erupsi dengan hembusan kolom abu mencapai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan kawah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (16/7/2018), sejumlah desa di Karangasem, seperti Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem dan sebagian desa di wilayah Kota Amlapura terpapar hujan abu pasir dengan intensitas sedang.

Sementara itu, ribuan pengungsi masih bertahan di sejumlah posko pengungsian yang tersebar di tiga kecamatan di Karangasem, seperti di Kecamatan Rendang, Kecamatan Selat, dan Kecamatan Bebandem.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BPBD Karangasem, jumlah total pengungsi di Karangasem hampir mencapai 350 ribu jiwa yang tersebar di 51 posko pengungsian.

"Pengungsi saat ini kondisinya sudah membaik karena masing-masing kepala desa sudah berkoordinasi dan sudah berjalan baik," kata Ketua Pasebaya Gede Pawana.

Sebagian pengungsi memilih untuk pulang ke rumah mereka saat pagi hari untuk mengurus ternak dan ladang. Mereka baru kembali ke pengungsian saat sore hari.