Sukses

KPK Turut Amankan Bupati Temanggung Terpilih di OTT Eni Saragih

Al-Khadziq yang merupakan suami dari Eni ini diciduk KPK bersama dua orang staf Eni di kediaman Politikus Golkar di Larangan, Banten

Liputan6.com, Jakarta - Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan Bupati Temanggung terpilih M Al-Khadziq dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih.

Al-Khadziq yang merupakan suami dari Eni ini diciduk KPK bersama dua orang staf Eni di kediaman Politikus Golkar di Larangan, Banten, Sabtu (14/7/2018) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

"MAK (M Al-Khadziq) suami EMS (Eni) dan dua staf EMS, ketiganya diamankan di rumah EMS di daerah Larangan, Tangerang," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat konferensi pers, di Gedung KPK, Sabtu (14/7/2018).

Penangkapan terhadap Al-Khadziq untuk mendalami dugaan suap yang diterima Eni dari salah satu pemegang saham Blackgold Natural Recourses Limited Johannes B Kotjo. Eni Maulani Saragih diduga menerima total Rp 4,8 miliar terkait kontrak kerjasama pembangunan PLTU Riau-1 di Riau.

"Ini masih dalam pendalaman dan masih pemeriksaan," kata Basaria.

Basaria mengatakan, pihaknya akan mendalami dugaan uang suap diperuntukan untuk membiayai Al-Khadziq dalam pemilihan bupati (Pilbup) Temanggung 2018. Dalam Pilbup itu, Al-Khadziq terpilih bersama pasangannya Heri Ibnu Wibowo.

"Ini belum sampai ke sana, kami fokus untuk kasus pemberian suap kemaren," kata dia.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Eni Maulani Saragih dan Johanes sebagai tersangka. Sementara status Al-Khadziq masih sebagai saksi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.