Sukses

Warga Sulawesi Tenggara Tangkap Buaya yang Masuk Areal Persawahan

Keberadaan buaya muara mengagetkan sejumlah petani yang hendak ke sawah.

Fokus, Sulawesi Tenggara - Dalam video amatir yang direkam warga, memperlihatkan sejumlah pria berusaha menangkap seekor buaya di tengah areal persawahan di Desa Biru, Kecamatan Poleang Timur, Bombana, Sulawesi Tenggara, pada Rabu sore.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (13/7/2018), buaya muara sepanjang lima meter ini masuk kedalam areal persawahan warga. Keberadaan buaya muara mengagetkan sejumlah petani yang hendak ke sawah karena tiba-tiba muncul di pematang sawah saat mereka hendak melintas.

Meski berhasil menangkap dan mengikatnya, warga tak berani mendekat karena ukuran buaya yang cukup besar. Sementara itu, pihak BKSDA Provinsi Sulawesi Tenggara mengaku belum mendapatkan informasi terkait penangkapan buaya tersebut.

Namun, dipastikan jenis buaya yang di tangkap warga merupakan buaya muara dan masuk kepersawahan kemungkinan untuk mencari makan.

"Kita mengimbau kepada masyarakat agar dilaporkan, karena itu merupakan salah satu buaya yang dilindungi," terang Divisi Perlindungan Pelestarian Alam BKSDA Provinsi Sultra Samsul.

Pihak BKSDA pun segera mengecek keberadaan buaya tersebut dan meminta warga agar tidak membunuhnya karena buaya tersebut termasuk hewan yang dilindungi.

Warga diminta menyerahkan buaya tersebut yang nantinya akan di kembalikan ke habitanya.