Sukses

Ini Latar Belakang 5 Bakal Cawapres Jokowi

Calon petahana di Pilpres 2019, Jokowi mengungkap, nama-nama bakal calon wakil presiden (cawapres) sudah mengerucut dari 10 ke lima orang.

Liputan6.com, Jakarta - Calon petahana di Pilpres 2019, Joko Widodo atau Jokowi mengungkap, nama-nama bakal calon wakil presiden (cawapres) sudah mengerucut dari 10 ke lima orang. Jokowi mengaku pendampingnya nanti bisa berasal dari kalangan mana saja.

"Bisa partai, bisa nonpartai, bisa profesional, bisa sipil, bisa TNI, Polri. Semuanya bisa," ucap Jokowi sembari tersenyum, di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini enggan mengungkap figur yang paling layak mendampinginya nanti.

Dia hanya menegaskan, penggodokan cawapres masih terus dilakukan.

"Ini masih dalam proses penggodokan. Yang namanya digodok itu, ya kan, pasti nunggu biar matang. Kalau digodok belum matang kemudian dikeluarkan, itu menjadi setengah matang namanya. Biar matang dulu, nanti kalau sudah matang, kami sampaikan pada saat yang tepat," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Calon

Belakangan ini, sejumlah nama santer disebut bakal jadi cawapres Jokowi. Mereka adalah Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga Rais 'Aam PBNU Ma'ruf Amin, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Mahfud MD.

Ada juga nama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.