Sukses

Hanya di Sekolah Ini Biaya Pendaftaran Dibayar dengan Hasil Bumi

MTS Pakis di Cilongok, Banyumas, tidak memungut uang untuk biaya pendaftaran. Siswa hanya membawa hasil pertanian semampunya untuk pihak sekolah.

Liputan6.com, Banyumas - Sebuah sekolah di Banyumas, Jawa Tengah, dapat meringankan beban orangtua dengan tidak memungut uang untuk biaya pendaftaran. Sebagai gantinya, mereka cukup membawa hasil pertanian semampunya untuk diserahkan ke pihak sekolah.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (11/7/2018), sejumlah warga bersama anak-anak mereka menuju Madrasah Tsanawiyah (MTS) Pakis di Dusun Pesawahan, Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok.

Mereka berbondong-bondong sambil membawa hasil pertanian, seperti kelapa dan ubi. Para orangtua siswa di daerah terpencil ini mengaku amat terbantu dengan kebijakan sekolah.  

"Karena gratis ya meringankan beban orangtua. Saya bawa hasil bumi saja," ujar Aminah, salah satu orangtua siswa. 

Pihak sekolah mengaku sengaja menggratiskan biaya pendidikan agar seluruh anak di desa bisa semuanya mengenyam bangku sekolah tanpa hambatan biaya.

"Saya harapkan anak-anak di desa tidak ada kendala untuk mengenyam pendidikan," ujar Kepala Sekolah MTS Pakis, Isrodin.  

Seluruh guru di MTS Pakis merupakan para relawan yang bersedia mengajar tanpa menerima gaji. Sekolah yang berdiri 2012 ini telah meluluskan sejumlah siswa. Kini, MTS Pakis tercatat memiliki 14 orang murid.  (Karlina Sintia Dewi)