Sukses

Misteri Cawapres Jokowi yang Bikin Gempar

Presiden Jokowi belum mengumumkan nama cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok yang akan menjadi calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo atau Jokowi masih menjadi misteri. Namun, cawapres Jokowi itu diperkirakan mampu membuat gempar.

"Pasti membuat gempar Indonesia, karena itu tokoh yang cocok untuk Indonesia 2019-2024," kata Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Senin 9 Juli 2018.

Dia menambahkan, sosok yang akan menjadi cawapres Jokowi merupakan tokoh menonjol di Indonesia. Untuk itu, sosok ini harus dijaga reputasinya. Namun, Johnny enggan membeberkan nama-nama calon yang dimaksud.

Selengkapnya seputar cawapres Jokowi dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Nama

Ketua Umum PPP Romahurmuziy menuturkan, Jokowi mengantongi 10 nama yang digadang menjadi cawapresnya. Menurut Romi, sapan karibnya, nama-nama itu telah disampaikan kepada ketua umum partai pendukung.

Hanya saja, ia enggan membocorkan nama-nama calon pendamping Jokowi. Dia hanya memberikan kisi-kisi figur tokoh yang sudah di kantong Jokowi.

"Saya hanya bisa katakan dari 10 nama ada figur politikus, ada figur cendekiawan, purnawirawan TNI Polri, dan kalangan teknokrat serta profesional," kata Romi di kantor DPP PPP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 9 Juli 2018.

3 dari 3 halaman

Saat Cuaca Cerah

Pembahasan mengenai pencapresan Jokowi di Pilpres 2019 juga intens dilakukan oleh sang petahana dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Seperti dilakukan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

Terakhir, keduanya bertemu pada Minggu 8 Juli 2018. Pertemuan itu berlangsung hampir dua jam. Megawati pun mengatakan, pendamping Jokowi itu akan segera diumumkan.

"Pengumuman dilakukan pada momentum tepat, dan dalam cuaca yang cerah, secerah ketika matahari terbit dari timur. Jadi tunggu saja dan sabar," ujar Megawati Soekarnoputri dalam siaran persnya, Senin 9 Juli 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.