Sukses

Saran Bamsoet soal Radikalisme Susupi Masjid Lembaga Pemerintah

Menurut Ketua DPR Bambang Soesatyo, hasil penelitian radikalisma itu tak bisa dianggap sepele.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 41 dari 100 masjid di lingkungan pemerintahan terindikasi telah disusupi radikalisme. Angka itu muncul dari temuan hasil penelitian Lembaga Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M).

Menurut Ketua DPR Bambang Soesatyo, hasil penelitian soal radikalisme itu tak bisa dianggap sepele. Harus ada klarifikasi yang diikuti tindakan-tindakan antisipatif.

Bambang mengatakan, Komisi VIII DPR yang membidangi urusan keagamaan bisa menindaklanjuti temuan itu dengan menggelar rapat kerja bersama menteri agama.

“Undang pula P3M untuk meminta penjelasan mengenai sejumlah mesjid yang disusupi paham radikal tersebut,” ujar Bambang Soesatyo di Jakarta, Senin (9/7/2018).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini juga meminta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendalami temuan P3M.

“Untuk melakukan tindakan pencegahan apabila benar ditemukan adanya paham radikal,” ujar mantan ketua Komisi III DPR itu.

Menurut Bamsoet, temuan P3M juga menjadi pengingat bagi BNPT, kementerian/lembaga (KL) dan BUMN untuk selalu mewaspadai radikalisme. Selain itu, peningkatan pengawasan atas radikalisme juga harus dibarengi dengan pendidikan tentang nasionalisme.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspadai Radikalisme

“Meminta BNPT, BUMN, lembaga negara, dan seluruh kementerian di Indonesia untuk meningkatkan pengawasan di dalam rumah ibadah di lingkungannya dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Bhinneka Tunggal Ika,” cetusnya.

Lebih lanjut Bamsoet meminta Kemenag agar memberikan pelatihan dan penyuluhan secara berkala kepada para tokoh agama dan ulama yang biasa menyampaikan ceramah keagamaan. “Agar ceramah yang disampaikan bisa memupuk rasa damai dan kekeluargaan antar-umat beragama,” pungkas Bamsoet.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.