Sukses

Polisi Periksa KM Lumoso Raya terkait Pipa Gas Bocor di Perairan Banten

Ditpolair Polda Banten belum membuka lokasi kebocoran pipa gas untuk dilalui kapal.

Liputan6.com, Serang - Polda Banten memeriksa KM Lumoso Raya. Langkah itu dilakukan untuk mendalami penyebab bocornya pipa gas milik PT China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) di perairan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten.

"Penyebab masih dalam penyelidikan, kita juga memeriksa kapal dan kapten kapal yang di lokasi terdekat. Baru satu, KM Lumoso Raya," kata Direktur Polair Polda Banten Kombespol Nunung Syaefudin saat dihubungi, Senin (9/7/2018).

Tim mekanik dari PT CNOOC telah datang ke lokasi bocornya pipa gas bawah laut, yang berada di kedalaman 20 meter itu.

"CNOOC menurunkan tim mekaniknya, datang dengan helikopter. Kita juga memeriksa kapal di sekitar lokasi," terangnya.

Ditpolair Polda Banten belum membuka lokasi kebocoran pipa gas untuk dilalui kapal. Jalur baru akan dibuka bila penyelidikan selesai.

"Setelah ada hasil dari tim terpadu, maupun KSOP dan kementrian ESDM, baru kita buka," jelasnya.

Perlu diketahui bahwa PT CNOOC telah mengerahkan 3 unit kapal dari Pulau Pabelokan Kepulauan Seribu ke lokasi, yaitu kapal SV Swiber Venturer, SV Patra Marine dan CB NMS Acelerite.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amankan Alur Pelayaran

Kapal Patroli KPLP KNP Trisula milik Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Priok, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, juga tengah mengamankan alur pelayaran pada lokasi terjadinya kebocoran pipa gas bawah laut di Banten.

Kebocoran terjadi pada posisi 05-55-52.S / 106-07-075.E di sekitar ujung Pulau Panjang Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.