Turis Rusia Nekat Semedi di Gunung Agung

Oleh Mevi Linawati pada 09 Jul 2018, 08:45 WIB
Diperbarui 09 Jul 2018, 08:45 WIB

Liputan6.com, Bali - Seorang wisatawan asal Rusia, yang bernama Maxim, nekat mendaki ke puncak Gunung Agung. Aksi nekatnya ini diketahui setelah warga setempat melihat sebuah sepeda motor yang terparkir di Pura Penataran Agung Nangka, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali pada Sabtu malam.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (9/7/2018), kecurigaan warga tersebut terbukti. Mereka dan relawan desa adat setempat melihat adanya cahaya senter dari atas mengarah ke puncak gunung.

Melihat kejadian itu sejumlah relawan terus melakukan pengamatan dan pada Minggu pagi, mereka naik untuk menjemput pendaki tersebut.

Saat dijemput, wisatawan asal Rusia, ini awalnya menolak turun, dengan alasan mendapat panggilan dari roh di kawah Gunung Agung. Kepada relawan wisatawan Rusia ini mengaku tidak melakukan pendakian ke kawah, dan hanya mendirikan camp, di lereng atas dekat kawah untuk melakukan semedi.

Setelah diberikan penjelasan, turis Rusia itu pun mau turun, namun terlebih dulu meminta untuk menyelesaikan semedinya.

Tiba di bawah, turis Rusia ini langsung dibawa ke kantor desa untuk dimintai penjelasan dan diedukasi untuk tidak lagi melakukan aksi serupa. (Bayu Wibowo)