Sukses

Kemenhub Jamin Proses Perizinan Normal Usai Kebakaran

Kantor Kemenhub kebakaran pada Minggu 8 Juli dini hari.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono memastikan kegiatan administrasi serta perizinan di Kemenhub akan berjalan normal seperti biasanya pascakebakaran Minggu 8 Juli dini hari.

"Kemenhub menjamin pelaksanaan tugas-tugas kepemerintahan, termasuk proses perizinan akan tetap berjalan normal," katanya seperti dilansir dari Antara, Jakarta, Minggu 8 Juli.

Untuk itu, pihaknya sedang melakukan konsolidasi agar pada Senin (9/7/2018) kegiatan dapat berjalan senormal mungkin. Ia menjelaskan penyebab kejadian saat ini masih dilakukan investigasi oleh pihak Kepolisian.

Djoko menambahkan pihaknya tidak mau berspekulasi terkait penyebab kebakaran di kantor Kemenhub, namun yang terjadi adalah bukan api berkobar, namun asap yang pekat dari kabel yang terbakar yang menyebabkan tiga orang meninggal karena sesak napas.

"Intinya di gedung ini dilengkapi dengan alat pendeteksi kebakaran. Tadi saya juga datang ke sini pagi hari tidak melihat adanya nyala api, tapi memang asap itu berada di lantai-lantai," jelasnya.

Sementara itu, 'sprinkle' yang dipasang untuk alarm kebakaran itu biasanya mendeteksi panas, namun hal itu tidak bekerja karena hanya ada asap.

"Ini kami masih spekulasi, kami tidak berani menyimpulkan ini," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja di Akhir Pekan

Djoko menyebutkan juga ada beberapa orang yang masih bekerja pada saat akhir pekan, di antaranya pegawai Kemenhub, pekerja bangunan dan jemaah yang beribadah di masjid lantai 6.

Dia menambahkan para pegawai tersebut sempat tertangani dengan baik, namun nahas tiga orang pegawai Kemenhub harus meregang nyawa di tempatnya bekerja tersebut.

Reporter : Fikri Faqih

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.