Berburu Fenomena Embun Es di Dataran Tinggi Dieng

Oleh Maria Flora pada 07 Jul 2018, 18:36 WIB
Diperbarui 07 Jul 2018, 18:36 WIB

Liputan6.com, Banjarnegara - Munculnya embun es yang terjadi di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, menjadi daya tarik wisatawan. Fenomena embun es terjadi setiap tahun pada bulan Juli hingga Agustus.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (7/7/2018), musim liburan sekolah, kawasan wisata Dieng ini ramai wisatawan. Tak sekedar melihat panorama alam Dieng saja, pengunjung juga bisa melihat fenomena unik embun es yang muncul di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Embun es](3581328 "") ini terjadi karena suhu udara di kawasan ataran tinggi Dieng yang berkisar antara 0 hingga 7 derajat celcius saat malam hari. Embun es yang berupa butiran-butian es menempel pada rumput di dataran tinggi Dieng. Para wisatawan pun berlomba mengabadikan momen langka kemunculan embun es ini.

"Saya ingin membuktikan ternyata benar, bahkan saya memotret capung yang membeku," kata Rahmat, salah satu wisatawan. 

Embun es di dataran tinggi Dieng ini hanya bisa dilihat mulai pukul 02.00 dini hari hingga pukul 06.00 pagi. Kalau Anda tertarik pastikan Anda harus rela bangun lebih pagi. (Muhammad Gustirha Yunas)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya