Tekad Remaja GenRe Menjadi Agen Perubahan Bangsa Dapat Dukungan Kepala BKKBN

Oleh Gilar Ramdhani pada 06 Jul 2018, 20:00 WIB
Diperbarui 06 Jul 2018, 20:00 WIB
Tekad Remaja GenRe Menjadi Agen Perubahan Bangsa Dapat Dukungan Kepala BKKBN
Perbesar
Ratusan Remaja GenRe (Generasi Berencana) Indonesia mengikuti kegiatan GenRevolution BerTeman yang digelar BKKBN dalam rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional 2018.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 300 pengelola PIK Remaja/pendidik sebaya Sulawesi Utara dan juga perwakilan dari Forum GenRe (Generasi Berencana) Indonesia yang berasal dari 34 Provinsi memadati Aula Gedung Serbaguna Kantor Walikota Manado pada 5 Juli 2018.

Mereka mengikuti kegiatan GenRevolution BerTeman 2018 yang digelar BKKBN pada 4-6 Juli 2018 sebagai salah satu rangkaian acara puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXV Tahun 2018 di Manado.

Pada kegiatan tersebut, Remaja GenRe berdialog dan berbagi pengalaman mereka dengan Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo, Asisten I Walikota Micler CS Lakat, Dominus dan Pejabat tinggi  Madya BKKBN diantaranya Sekretaris Utama Nofrijal, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga. M.Yani, Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Dwi Listyawardani dan Inspektur Utama, Agus Sukiswo.

Mengawali acara, remaja GenRe berjoget bersama dengan iringan theme song Asian Games dari Via Vallen, sebagai bentuk dukungan pada penyelenggaraan Asian Games 2018. Pada kesempatan ini juga ditandatangani Deklarasi Remaja GenRe Indonesia sebagai wujud komitmen remaja untuk menjadi remaja indonesia yang lebih baik.

Isi Deklarasi Remaja GenRe Indonesia;

1. Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Siap Menjadi Agen Perubahan Bangsa

3. Menjunjung Tinggi Integritas dan Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila

4. Siap Melaksanakan Etos Kerja Dalam Mensosialisasikan Program GenRe

5. Bersikap dan Bertekad Gotong Royong Untuk Kemajuan Bangsa Indonesia.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Remaja GenRe.
Perbesar
Remaja GenRe.

 

Deklarasi GenRe Indonesia di Peringatan Harganas 2018 ini mendapat apresiasi dari Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo. Prio berharap remaja bisa menjadi agen perubahan untuk Indonesia lebih baik.

"Remaja indonesia harus bisa merevolusi mental dan juga menjadi agent of change untuk membuat Indonesia semakin baik, dan tentu saja remaja GenRe bisa menjadi motivator dan rule model bagi remaja yang lain," ungkap Sigit.

Sigit pun mengajak para Remaja GenRe membuktikan komitmennya pada puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional 7 Juli 2018 di Manado yang dihadiri Presiden Jokowi.

Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo.
Perbesar
Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo.

"Jadikan deklarasi ini sebagai kebangkitan generasi revolusi Indonesia. Tunjukkan pada keluarga Indonesia bahwa remaja bisa membuat revolusi mental tanpa harus diajarkan. Buat orang lain terkesan, kalau perlu ajarkan kami yang orang tua mengenai revolusi mental," tutur Sigit.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN) mengembangkan GenRe (Generasi Berencana) sebagai intervensi terhadap tantangan dan permasalahan remaja di Indonesia.

Melalui GenRe, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja. Masa transisi dimaksud dibagi ke dalam Lima Transisi Kehidupan (Five Life Transitions), yaitu melanjutkan sekolah (continue learning); mencari pekerjaan (start working); memulai kehidupan berkeluarga (form families); menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship); mempratikkan hidup sehat (practice healthy life).

Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo.
Perbesar
Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo di kegiatan GenRevolution BerTeman 2018 di Manado.

 

Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV tahun 2018 mengusung tema, “Hari Keluarga : Hari Kita semua” dengan membawa tagline “Cinta Keluarga Cinta Terencana” bahwa peringatan hari keluarga dimaksudkan agar maknanya dapat dipahami oleh seluruh keluarga dan benar-benar bisa dinikmati oleh seluruh keluarga dan masyarakat.

Selain menggelar kegiatan yang menyasar kalangan remaja, pada rangkaian peringatan Harganas 2018 di Manado, BKKBN juga menggelar beragam kegiatan bakti sosial diantaranya adalah : Pelayanan KB, Pemeriksaan IVA, Sunatan Massal  dan Donor Darah.

Kegiatan bakti sosial sunatan massal, diselenggarakan di Klinik Madani, Kota Manado pada tanggal 4 Juli 2018 diikuti oleh 120 orang anak. Sementara Pelayanan KB dan Pemerikasaan IVA diikuti lebih dari 150 peserta di Puskesmas Bahu dan Puskesmas Tikala, Manado kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Manado dan PD IBI Kota Manado.

Sebagai bagian dari rangkaian acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional XXV Tahun 2018 yang digelar 7 Juli 2018 di Kota Manado, BKKBN menyelenggarakan kegiatan Jambore Pengelola Teladan Program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) Tingkat Nasional, 4-7 Juli 2018 di Mercure Manado Tateli Resort and Convention, Sulawesi Utara.

Peserta Jambore adalah Bapak/Ibu yang terpilih sebagai Penyuluh KB/Petugas Lapangan KB Teladan, IMP Teladan, Peserta KB Lestari 15 Tahun Teladan dan Petugas Lapangan KB Non PNS Teladan dari 34 Provinsi di Indonesia. Selanjutnya di Manado ini, mereka berlomba dan berkompetisi untuk menjadi juara di masing- masing kategori.

Puncak peringatan Harganas XXV Tahun 2018 digelar pada 7 Juli 2018 di Kota Manado dan dihadiri oleh Presiden Jokowi. Pada Harganas 2018, tema yang diusung adalah 'Hari Keluarga: Hari Kita Semua' dan membawa tagline 'Cinta Keluarga Cinta Terencana'. Supaya bisa lebih dinikmati oleh masyarakat luas, perayaan tahun ini dikemas dengan lebih fun dan menarik serta mengusung kebersamaan. Hal tersebut juga sesuai dengan komitmen BKKBN Sahabat Keluarga Indonesia untuk menciptakan kualitas Sumber Daya Manusia yang lebih unggul.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya