Sukses

Ini Penyebab Gudang Bahan Kimia di Kampung Bandan Terbakar

Menurut saksi mata, kebakaran terjadi saat proses pemindahan minyak dari truk menggunakan selang.

Fokus, Jakarta - Gudang bahan kimia di Pademangan, Jakarta Utara, Kamis, 5 Juli kemarin ludes dilalap si jago merah. Selain meludeskan bangunan, banyaknya bahan kimia yang mudah terbakar dalam gudang membuat api dengan cepat membesar dan membumbung tinggi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (6/7/2018), warga yang tinggal di Jalan Kencur, Kampung Bandan, Pademangan pun panik. Karena lokasi rumah mereka cukup berdekatan. 

Petugas pemadam kebakaran mencoba melokalisir api menggunakan busa khusus untuk menjinakan api. Namun, amukan api sulit dikendalikan akibat banyaknya bahan kimia yang terbakar. Menurut saksi mata, kebakaran terjadi saat proses pemindahan minyak dari truk menggunakan selang.

Tiba-tiba mesin pompa yang digunakan meledak hingga memunculkan percikan api. Api baru bisa dipadamkan Kamis malam, setelah petugas pemadam kebakaran bekerja selama sekitar 5 jam.

"Kendala yang dihadapi karena kemacetan yah. Kalau sumber air kita dekat dengan sungai. Kendala selanjutnya karena bahan material yang susah dipadamkan, karena bahan material ini untuk bahan ban," terang Kasudin Damkar Jakarta Utara Satriadi Gunawan.

Selain dua gudang, kebakaran mengakibatkan dua bangunan di sisi kanan dan kiri gudang ludes. Petugas masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran yang mengakibatkan dua karyawan terluka. (Ridho Insan Putra)