Saat Warga Lumajang Berburu Ikan Mabuk di Permukaan Danau Klakah

Oleh Sunariyah pada 06 Jul 2018, 08:49 WIB

Fokus, Lumajang - Sejak Kamis pagi, 5 Juli 2918, warga tampak sibuk mengumpulkan ikan-ikan mabuk yang mengambang di permukaan air Danau Ranu, Klakah di Desa Tegal Randu, Kecamatan Klakah, Lumajang. Rata-rata warga berbekal jaring atau busur penangkap ikan. Namun, banyak juga yang sengaja membawa rakit untuk memunguti ikan- ikan hingga tengah danau.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (6/7/2018), fenomena seperti ini bukanlah kali pertama. Perubahan suhu menyusul pergantian musim yang terjadi diduga mengakibatkan endapan belerang Gunung Lemongan di dasar danau menguap dan naik ke permukaan air. Akibatnya ikan mati atau mabuk dan mengambang kekurangan oksigen

Fenomena ikan mabuk ini terjadi sejak Rabu malam yang ditandai dengan ratusan bahkan ribuan ekor ikan tampak mengambang di permukaan danau. Warga pun berdatangan untuk memungut ikan atau sekedar menonton. Tak sedikit warga yang langsung menjual ikan tangkapan mereka di area sekitar danau. Berlimpahnya ikan membuat harga ikan pun anjlok. Belum diketahui sampai kapan panen ikan akibat fenomena ikan mabuk di Danau Ranu Klakah, Lumajang ini akan terus berlangsung.