Sukses

Kenangan Kapolri tentang Taufiq Kiemas, dari Terima Uang hingga Diramal

Tito Karnavian mengaku punya dua kesamaan dengan Taufiq Kiemas.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian mengaku sangat dekat dengan almarhum Taufiq Kiemas, suami presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri. Dia hafal kebiasaan almarhum yang gemar membantu orang, terutama untuk urusan dana.

"Saya belum pernah diberi uang oleh Pak Taufiq Kiemas secara langsung. Tapi secara tidak langsung sangat sering saya ngambil uang Beliau," kata Tito, yang membuat semua orang tertawa dalam acara mengenang lima tahun wafat Taufiq Kiemas, di Gedung Rajawali Nusantara Indonesia, Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Dia menuturkan, semua ini bermula saat menjadi Kanit Jatanras di Polres Jakarta Barat. Tito punya satu anggota yang dekat dengannya bernama Robert Suparno.

"Saya panggil Pak Robert. Namanya kita banyak kejadian, perampokan, dana operasional tak ada. Selalu Pak Robert (bilang) komandan ikut saya. Saya diajak ke Pejompongan, di situ ada pompa bensin. Setiap kita kurang anggaran, Pak Robert ini selalu menjadi solusi terus. Tahu-tahu (di Penjompongan) keluar amplop. Saya tanya kok dapat duit dari situ, tenang saja dari Pak Taufiq Kiemas. Secara tidak langsung dapat duit dari Beliau," ucap Tito.

Dia pun menuturkan, keakraban dengan almarhum datang dari adiknya yang menjadi Direktur RS Harapan Kita. Taufiq sering ke sana dan memanggil Tito, dan di sanalah dirinya diramalkan menjadi Kapolri.

"Pada suatu hari memang dia sampaikan, 'To kau ini suatu saat aku ramalkan jadi Kapolri. Kalau ada Kapolri asal Palembang namanya Mohamad Hasan, kau yang menjadi Kapolri dari Palembang yang kedua'," tutur Tito.

Dia merasa sangat sedih, saat Taufieq bertolak ke Singapura di tahun 2013 karena sakit. Pasalnya, Tito tak bisa menjenguk lantaran menjadi Kapolda Papua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesamaan Tito dan Kiemas

Tito mengungkapkan dia punya kesamaan dengan Taufik Kiemas. Mereka berdua lulusan SMAN 2 Palembang. Inisial namanya pun sama: TK.

"Satu Taufiq Kiemas. Dua Tito Karnavian," pungkasnya yang langsung mendapat sambutan meriah.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini