Sukses

Ketum Muhammadiyah: Masjid Harus Jadi Pusat Pendewasaan politik

Muhammadiyah dan DMI akan berbagi peran dalam membangun masjid.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir menegaskan masjid jangan digunakan untuk kepentingan politik praktis. Menurut dia, dakwah politik di wilayah masjid bertujuan mencerahkan demi kemaslahatan umat.

"Masjid memang dijadikan wahana semua orang untuk keragamaannya, jadikan masjid pusat kecerdasaan, pendewasaan politik, tapi Muhamadiyah paling depan untuk tidak menjadikan masjid sebagai sarana politik praktis," tegas Haedar di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2018).

Haedar menekankan tujuan politik ada di dalam masjid sejatinya bukan untuk mengarahkan pilihan terhadap sosok tertentu. Kegiatan itu harus diarahkan membangun kesadaran umat.

"Ini menjadi penting agar warga yang tidak tahu politik, jadi melek politik, sadar punya keadaban politik, masjid menjadi pusat pendidikan politik, mencerdaskan politik moral," Haedar menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberdayaan

 

Senada dengan Muhammadiyah, Wakil Ketua Umum Dewan Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol Syafruddin mengatakan, prinsipnya masjid adalah tempat pemberdayaan umat. Karenanya, DMI siap memfasilitasi dan menyiapkan segala sarana guna mencerdaskan umat.

"Jadi banyak pilihan, DMI mengurusi dan memfasilitasi, menyiapkan sarana mencerdaskan membangun Islam, dan bangsa supaya bisa damai," ujar jenderal bintang tiga ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.