Sukses

Dukungan Prabowo Bisa Permudah Jalan Anies Menantang Jokowi di Pilpres

Kesempatan Anies maju jadi capres kecil bila partai di luar pendukung Jokowi menyodorkan kadernya masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Ceo Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan menilai dukungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bisa mempermudah jalan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menantang Joko Widodo di Pilpres 2019. Selain dukungan Prabowo, kata Hanan, Anies juga membutuhkan koalisi yang kuat untuk mengimbangi Jokowi.

"Akan lebih mudah penantang petahana kalau mereka satu, maka kalau Anies maju jadi capres itu berarti harus mendapatkan endorsement dari tokoh utama di luar Jokowi sekarang yaitu pak Prabowo," kata Djayadi di markas SMRC, Jakarta Pusat, Kamis (5/6)

Namun, menurutnya, kesempatan Anies maju jadi capres kecil bila partai di luar pendukung Jokowi menyodorkan kadernya masing-masing. Apalagi bila koalisi Jokowi solid, maka harapan koalisi penantang Jokowi akan pupus memenangkan Pilpres.

"Tapi kalau kubu non petahana berhasil menemukan calon atau kandidat yang bisa mencuri suara dari pendukung Jokowi, tentu saja potensi menangnya tinggi," ujarnya.

Jokowi saat ini, lanjut Hanan, juga mendapat nilai positif dari masyarakat. PAN sendiri masih berada di posisi pemerintah. Demi mengkandaskan peluang Jokowi menjadi presiden di periode kedua, kubu penantang Jokowi harus kompak plus punya strategi yang kuat.

"Kalau kita perhatikan saat ini kubu petahana minimal dari segi persepsi masyarakat terhadap kinerja petahana masih positif kemudian umumnya parpol parpol yang mendukung umumnya masih solid kecuali PAN. Itu berarti kan kubu non petahana harus berhati-hati saya kira mencalonkan, jangan sampai mereka pecah," tandasnya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.