Sukses

Mundur di Era Ahok, Ini Alasan Rustam Effendi Kembali Jadi Wali Kota

Rustam Effendi merupakan mantan Wali Kota Jakarta Utara yang mengundurkan diri saat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik Rustam Effendi menjadi Wali Kota Jakarta Barat. Rustam merupakan mantan Wali Kota Jakarta Utara yang mengundurkan diri saat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Meski sempat mundur dari posisi wali kota, Rustam mengaku tak kapok menduduki kursi yang sama dengan atasan yang baru. "Enggak kapok kok," ucapnya di Balai Kota Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Rustam Effendi tak membahas alasannya kembali menduduki kursi wali kota yang sempat ditinggalkannya. "Yang lalu-lalu, ya jangan dibicarakan lagi, situasinya beda," ujarnya.

Rustam menyebut posisinya saat ini bukan atas tawaran khusus dari Anies. "Bukan tawaran tapi itu kan ditugaskan, saya masih PNS kan ditetapkan oleh Pak Gubernur, ya kebetulan saya siap," kata Rustam.

"(Anies) Enggak ada membujuk, Pak Anies komunikasi sama saya, saya menugaskan kamu untuk di Jakarta Barat, siap enggak? (Saya jawab) Siap Pak, insyallah siap," tambah Rustam Effendi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Putra Betawi

Anies menyebut salah satu alasan Rustam dilantik kembali karena ia adalah putera daerah atau anak Betawi asli.

"Ya, benar jadi ternyata dari lima wali kota itu, empat adalah putra Jakarta. Putra Betawi. ini Pak Rustam asli dari Jakarta Barat, Kebon Jeruk Kalau enggak salah," kata Anies di Balai Kota Jakarta.

Anies berharap dengan adanya putra daerah menjadi wali kota, maka mereka bisa mengerti warganya.

"Jadi ini anak-anak dari Jakarta tumbuh besar di sini dan sekarang menjadi wali kota, mudah-mudahan mereka bukan saja bisa memimpin dengan baik tapi mereka mengerti benar sosiologi dari masyarakat di wilayahnya jadi dengan begitu kehadirannya akan terasa lebih bermakna barangkali buat lingkungan sekitar," ungkap Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.