Gunung Agung Siaga III, Ratusan Pengungsi Pilih Bertahan

Oleh Maria Flora pada 03 Jul 2018, 15:37 WIB
Diperbarui 03 Jul 2018, 15:37 WIB

Liputan6.com, Bali - Aktivitas vulkanik Gunung Agung di Karangasem, Bali hingga kini belum menunjukkan penurunan. Erupsi kembali terjadi pukul 09.46 Waktu Indonesia Tengah (WITA). Namun, ratusan pengungsi masih bertahan di sejumlah lokasi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (3/7/2018), erupsi kembali terjadi dengan kolom abu setinggi 500 hingga 2.000 meter dari puncak kawah.

Hasil pengamatan petugas di pos pengamatan Desa Rendang Karangasem, kolom abu mengarah ke barat tertiup angin. Kini status Gunung Agung masih siaga level III. Erupsi abu vulkanik diperkirakan terus terjadi.

"Aktivitas masih tinggi dan terus berkembang. Kalau kita lihat, di atas kawah itu ada indikasi dia sedang erupsi meski tidak keluar abu," kata Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Devi Kamil Syahbana.

Sejak erupsi Senin malam, 2 Juli 2018, ratusan warga lereng Gunung Agung masih bertahan di lokasi pengungsian Gedung LPD, Desa Rendang Karangasem. Pengungsi adalah warga Dusun Telung Buana, Desa Sebudi, yang berada di radius 4 kilometer dari titik kawah Gunung Agung. 

"Yang paling dibutuhkan adalah selimut dan alas tidur," ujar Kepala Dusun Telung Buana I Made Madya.

Senin malam, 2 Juli 2018, lava pijar terlontar dari kawah Gunung Agung. Warga pada radius bahaya 4 kilometer dari titik kawah pun mengungsi. (Muhammad Gustirha Yunas)