Sukses

Kembali Setelah Hilang Terseret Ombak Setahun Lalu, Kondisi Nining Melemah

Nining, perempuan yang sempat hilang di Pantai Pelabuhan Ratu, hingga kini belum bisa dimintai keterangan.

Liputan6.com, Jakarta - Nining, perempuan asal Kabupaten Sukabumi, ditemukan hidup setelah hilang terseret ombak Pantai Pelabuhan Ratu selama 1,5 tahun. Namun, kondisinya melemah. Dia pun dibawa ke rumah sakit siang ini.

"Setelah dicek kesehatannya oleh dokter yang didatangkan dari Pemkab, kondisinya melemah. Akhirnya didatangkan ambulans untuk dibawa ke Rumah Sakit Bunut di Kota Sukabumi," ujar Kabag Umum Pemkab Sukabumi, Amit, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (2/7/2018).

Menurut Amit, hingga siang ini, Nining belum bisa dimintai keterangan apa pun. Pihak keluarga pun hingga kini masih belum mengetahaui di mana Nining setelah dinyatakan hilang di Pantai Pelabuhan Ratu sejak 8 Januari 2017.

"Beliau tadi sadar, tapi belum bisa diminta untuk bercerita," kata dia.

Menurut dia, sejumlah pihak juga telah mendatangi keluarga Nining. Salah satunya istri Bupati Sukabumi, Yani Jatnika Marwan Hamam, yang merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sukabumi.

"Tadi Istri Pak Bupati juga sudah datang, berbicara dengan pihak keluarga. Namun sayang, Bu Niningnya belum bisa diminta keterangan," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berawal dari Mimpi

Nining ditemukan hidup setelah hilang terseret ombak Pantai Pelabuhan Ratu. Dia dilaporkan terseret ombak sejak 8 Januari 2017.

Kerabat keluarga Nining, Jejen, menuturkan dirinya beberapa kali menerima mimpi bahwa Nining minta dijemput di Pantai Pelabuhan Ratu. Dia menganggap mimpi tersebut sebagai ilham. Akhirnya, dia dan beberapa kerabat juga putranya Nining berangkat ke Pelabuhan Ratu, Sabtu, 30 Juni 2018, pukul 00.00 WIB.

"Jam 12-an malam, sudah tergeletak di pesisir. Mungkin kena ombak terseret-seret," kata Jejen di Sukabumi, Senin (2/7/2018).

Keluarga yakin perempuan tersebut adalah Nining. Keluarga lantas membawanya pulang ke rumah. Saat itu, Nining dalam kondisi sadar, tapi tidak banyak berkomunikasi.

"Saya sudah kenal memang itu raganya, dari wajah, rambut, pakaiannya, cuma kalau dulu agak gemuk ini kurus," kata Jejen.

Okih Pajri Assidiq (46), koordinator SAR Sukabumi, menuturkan terkait peristiwa hilangnya Nining. Pada 8 Januari 2017 pihaknya menerima laporan adanya orang terseret ombak dan tenggelam di Pelabuhan Ratu.

"Saat itu Ibu Nining mandi bersama adik dan cucunya di Pelabuhan Ratu, lalu adik dan cucunya ini menepi dan meminta korban untuk menepi. Sementara mereka berhasil menepi, korban terlihat terseret ombak dan hilang," kata Okih kepada Liputan6.com, Senin (2/7/2018).

Berdasarkan laporan tersebut SAR melakukan pencarian. Sesuai standar prosedur pencarian dilakukan tujuh hari. Namun, segala upaya tidak membuahkan hasil meski pencarian dilakukan sampai ke tengah lautan.

"Kami sampaikan ke keluarga soal hasil pencarian dan keluarga menerimanya," kata Okih.

Tujuh hari setelah penutupan upaya pencarian, Polsek setempat mendapatkan laporan ada jenazah mengambang di Pantai Karangpapak, Cisolok, Sukabumi. Jenazah yang ditemukan dalam kondisi tidak utuh.

3 dari 3 halaman

Kabar Mengejutkan

SAR berasumsi saat itu bahwa jasad yang ditemukan itu adalah jasad Nining, karena tidak ada laporan orang hilang sejak laporan terakhir hilangnya Nining.

SAR dan keluarga pun membawa jasad tersebut ke Rumah Sakit Umum Daerah Sukabumi untuk dilakukan autopsi dan tes DNA. Namun, Oki mengaku tidak tahu-menahu hasil dari tes tersebut karena menyerahkannya kepada pihak kepolisian dan keluarga.

"Akhirnya karena tersimpan lama di rumah sakit, jasad tersebut dimakamkan di belakang rumah sakit," tutur Okih.

Kabar mengejutkan datang akhir pekan lalu. Okih mendapatkan kabar Nining kembali dalam keadan hidup. Dia lalu mendatangi keluarga Nining di Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit dan bertemu Jejen.

Okih menuturkan, pihak keluarga menyampaikan bahwa Jejen kerap didatangi Nining dalam mimpi. "Dalam mimpi tersebut Nining minta dijemput di pos Pelabuhan Ratu, pantai Citepus," kata Okih menuturkan kisah Jejen.

Akhirnya, Jejen dan beberapa keluarganya berangkat ke Pelabuhan Ratu pada Sabtu, 30 Juni 2018. Mereka tidak menemukan Nining sesuai mimpi yang didapat.

"Tapi Bu Ela, adik Nining, feeling ke arah barat 500 meteran di Pantai Istiqomah. Dan di situ ditemukan Bu Nining tergeletak di pantai yang masih berair. Tubuhnya miring menghadap ke darat. Pakaian masih utuh seperti yang dinyatakan hilang 8 Januari lalu, masih basah dan bercampur pasir," tutur Okih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.