Sukses

Sosialisasi Perluas Ganjil Genap, Petugas Bagikan Brosur di Pondok Indah

Sebanyak 70 brosur dibagikan kepada pengguna kendaraan pribadi. Terutama kepada pengemudi roda empat.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menggelar uji coba rekayasa lalu lintas ganjil genap untuk kebutuhan kelancaran Asian Games 2018. Salah satunya di Simpang Pondok Indah Mall.

Pantauan di lokasi, tiga personel Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Selatan membagikan brosur. Isinya tentang informasi pembatasan lalu lintas ganji genap saat Asian Games 2018. Dalam brosur itu terdapat peta kawasan ganjil-genap serta rencana pelaksanaan hingga rute alternatif.

Salah satu petugas perhubungan, Ziad, mengatakan hari ini melakukan sosialisasi uji coba perluasan ganjil genap. Sebanyak 70 brosur dibagikan kepada pengguna kendaraan pribadi, terutama kepada pengemudi roda empat.

"Sasarannya ke pengguna mobil dulu. Motor nanti sajalah," ujar dia ketika ditemui di Simpang Pondok Indah Mall, Senin (2/7/2018).

Dia menambahkan, pembagian brosur dimulai sejak pukul 06.30 WIB hingga 09.30 WIB.

"Jam enam apel, setengah tujuh bagikan sampai pukul setengah sepuluh," jelas dia.

Menurut dia, aturan ganjil genap ini baru bersifat sosialiasi, sehingga belum ada penindakan. Apalagi pemberlakuan ganjil genap berlaku 1 Agustus 2018 nanti.

"Sampai tanggal 31 Juli 2018 masih sosialiasi, sedangkan mulai penindakan 1 Agustus 2018," ungkap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

100 Personel Dikerahkan

Sementara, Kasudin Perhubungan Jaksel Christianto mengatakan sedikitnya 100 personel dikerahkan. Ada lima hingga tujuh personel di setiap titik untuk sosialisasi uji coba ganjil genap mulai pukul 06.00 sampai 14.00 WIB pada shift pagi dan pukul 14.00 sampai 21.00 WIB pada shift siang.

Terdiri atas 52 personel di Jalan Metro Pondok Indah dengan tujuh titik penempatan petugas, 32 personel di Jalan HR Rasuna Said dengan empat titik penempatan petugas, dan 12 personel di Jalan MT Haryono dengan dua titik penempatan petugas.

"Sosialisasi bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui kawasan perluasan ganjil genap khususnya di wilayah Jakarta Selatan," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (2/7/2018).

Christianto menambahkan kebijakan ini tidak berlaku bagi kendaraan Presiden RI, Wakil Presiden RI, Pejabat Lembaga Tinggi Negara (pelat RI beserta pengawal), kendaraan dinas, kendaraan atlet dan official yang bertanda khusus (sticker) Asian Games, pemadam kebakaran, mobil ambulans, angkutan umum (pelat kuning), angkutan barang bahan bakar minyak dan gas, serta sepeda motor, kecuali pada kawasan yang telah diberlakukan kawasan perluasan ganjil genap khususnya di wilayah Jakarta Selatan.

Penentuan ganjil genap ini pada angka terakhir nomor polisi kendaraan. Angka nol (0) dianggap genap. Untuk angka terakhir ganjil maka kendaraan boleh beroperasi pada tanggal ganjil, sedangkan angka genap untuk tanggal genap. Aturan ganjil genap diberlakukan dari Senin sampai dengan Minggu mulai pukul 06.00-21.00 WIB.

Inilah titik penempatan petugas :

- Simpang Ciputat Raya

- Simpang Kartini

- Bundaran Metro Pondok Indah

- Simpang Pondok Indah Mall

- Simpang Gancit

- Simpang Bungur

- Simpang Kebayoran Baru

- Simpang Pancoran

- Simpang Tandean Gatsu

- Simpang Galunggung

- Simpang DR Satrio

- Simpang Kuningan

- Simpang Tandean

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.