Sukses

Mencicipi Kopi Flores Sambil Melihat Indahnya Pemandangan Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu memiliki pemandangan yang indah serta 3 danau belerangnya yang unik.

Fokus, Ende - Berwisata ke Nusa Tenggara Timur (NTT), jangan lupa berkunjung ke Gunung Kelimutu. Gunung Kelimutu memiliki pemandangan yang indah serta 3 danau belerangnya yang unik.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (1/7/2018), gunung vulkanik yang memiliki ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut ini memang menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Di sepanjang perjalanan, wisatawan berhasil dimanjakan dengan pemandangan bukit-bukit yang indah, serta sejuknya udara pegunungan. 

Akses menuju Gunung Kelimutu terbilang cukup mudah. Sejak tahun 2006, jalan menuju kawasan ini sudah menggunakan semen dan tangga, jadi lebih cepat sampai ke puncak.

Puncak Gunung Kelimutu memiliki tiga danau. Dua danau yang mengandung belerang, dan satu danau yang mengandung air bersih. 

Selain menikmati indahnya pemandangan, Anda juga dapat mencoba minum kopi khas Flores sambil mengenakan baju tenun khas Ende Lio. Baju-baju ini biasa dipakai oleh kepala suku adat Flores untuk menyambut kepala suku lain.

Puncak Gunung Kelimutu memang tak pernah sepi dari  wisatawan. Baik lokal, maupun wisatawan mancanegara.

Perjalanan saya berlanjut ke salah satu air terjun di kaki Gunung Kelimutu. Air Terjun Murundao mengalir deras dari ketinggian 20 meter. Air terjun juga menjadi salah satu sumber air bersih bagi masyarakat Kabupaten Ende. (Bayu Wibowo)