Sukses

Jokowi: Indonesia Terpilih Jadi Anggota DK PBB Berkat Dukungan Timor Leste

Jokowi mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Pemilu anggota parlemen nasional Timor Leste yang berjalan aman dan lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Francisco Guterres Lú Olo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.  Dalam pertemuan, Jokowi mengucapkan terima kasih atas dukungan Timur Leste dalam pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Berkat dukungan tersebut, Alhamdulillah Indonesia telah terpilih (sebagai anggota Dewan Keamanan PBB) pada pemilihan tanggal 8 Juni 2018 di markas PBB di New York," ujar Jokowi saat memberikan sambutan, Kamis (28/6/2018).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Pemilu anggota parlemen nasional Timor Leste yang berjalan aman dan lancar. Timor Leste menggelar Pemilu pada 12 Mei 2018.

"Saya ucapkan selamat kepada rakyat Timur Leste atas suksesnya penyelenggaraan pemilu anggota parlemen nasional," tutur dia.

Jokowi menyebut, kedatangan Guterres merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia. Sebab, ini merupakan kunjungan kerja ke luar negeri pertama bagi Guterres, sejak dilantik menjadi Presiden Timor Leste pada 2017.

"Selamat datang di Indonesia, ini merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia untuk menerima kunjungan yang mulia," kata Jokowi.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kerja Sama

Mantan Wali Kota Solo ini menambahkan, Indonesia menaruh perhatian besar pada hubungan bilateral dengan Timor Leste. Indonesia, lanjut dia, memiliki komitmen tinggi untuk terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang dengan negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia tahun 1976 ini.

"Dan tetap menjadi mitra terpercaya bagi pembangunan di Timor Leste. Timur Leste yang damai, stabil dan maju merupakan harapan kita bersama," pungkasnya.

Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada Jumat (8/6), setelah mendapatkan 144 suara di pertemuan Majelis Umum. Terpilihnya Indonesia sebagai anggota DK PBB ini merupakan yang kali keempat.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.