Sukses

H-1 Jelang Pencoblosan, Ribuan Surat Suara Rusak di Berbagai Daerah Dibakar

Di Kota Surabaya, total surat suara yang didistribusikan ke hampir 4.300 tps di 31 kecamatan sebanyak lebih dari 2.058. 300 lembar surat suara.

Fokus, Jakarta - Lebih dari 1.400 lembar surat suara rusak dan sisa dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman Kantor KPUD Kota Surabaya Selasa (26/6/2018) siang. Pemusnahan surat suara yang dihadiri Petugas Panwas Kota Surabaya dan tim sukses masing-masing calon ini sekaligus melengkapi tahapan Pilkada.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (27/6/2018), sebelum pemusnahan digelar, mereka menyaksikan terlebih dulu surat-surat suara yang rusak tersebut. Di Kota Surabaya, total surat suara yang didistribusikan ke hampir 4.300 tps di 31 kecamatan sebanyak lebih dari 2.058. 300 lembar surat suara.

KPUD Kabupaten Tegal, Jawa Tengah Selasa siang juga memusnahkan 26 ribu lebih surat suara pemilihan gubernur Jawa Tengah dan pemilihan bupati Tegal di halaman Kantor KPUD Tegal dengan cara dibakar. Total surat suara yang dimusnahkan sebanyak lebih dari 26 ribu lembar. Surat suara yang dimusnahkan merupakan surat suara rusak yang ditemukan saat penyortiran dan pelipatan.

Sementara, bertempat di halaman gedung KPUD Kutai Kartanegara di Kota Raja Tenggarong, proses pembakaran lebih dari 1.200 surat suara pemilihan gubernur Kaltim Selasa siang dilakukan di sebuah drum sampah disaksikan sejumlah aparat keamanan, petugas panwaslu dan tim pemenangan paslon.

Surat suara dimusnahkan karena kotor terdapat bercak, kusut, dan robek berbayang. Meski ada ribuan surat suara yang dibakar namun distribusi logistik pilgub dipastikan aman dan lancar.

Â