Sukses

Jokowi Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Erdogan di Pilpres Turki

Jokowi berharap kerja sama Indonesia dan Turki semakin lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas kembali terpilihnya Recep Tayyip Erdogan sebagai Presiden Turki. Jokowi mengaku mendapat laporan soal kemenangan Erdogan langsung dari Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi pada Senin (25/6/2018) pagi.

"Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Tayyip Erdogan sebagai Presiden Turki. Tadi Saya sudah minta Menlu untuk mengatur agar saya bisa telpon langsung ke Erdogan," kata Jokowi usai meninjau kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Jokowi, Senin sore.

Setelah Erdogan memegang kembali tampuk kepemimpinan di Turki, Jokowi berharap hubungan bilateral kedua negara semakin baik. Terutama di bidang ekonomi dan investasi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyebut, Indonesia-Turki merupakan dua negara muslim besar di dunia yang memiliki banyak kesamaan. Kedua negara juga memiliki orientasi perjuangan yang sama di Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

"Memang kedekatan Indonesia dengan Turki dalam forum-forum OKI saya kira tidak perlu diragukan lagi," ujar Jokowi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Unggul 58 Persen

Berdasarkan laporan media pemerintah Turki, Recep Tayyip Erdogan kembali memenangkan pemilu Turki pada Minggu (24 Juni 2018).Erdogan unggul dengan total 58,76 persen suara. Sementara Muharrem Ince meraih 26,87 persen suara.

Disusul kandidat Presiden lainnya, Meral Aksener dengan total 7,69 persen suara. Selahattin Demirtas mendapat 5,56 persen suara.

Total ada 59,39 juta pemilih yang terdaftar dalam pemilu tahun ini. Pesta demokrasi ini untuk pertama kalinya digelar sejak Turki mengubah sistem pemerintahan dari sistem parlementer ke presidensial hasil referendum tahun lalu.

 

Reporter: Titin

Sumber: Merdeka.com

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.