Sukses

Sebelum Meninggal, Harry Moekti Sempat Pijit Istrinya

Air mata Ummu Haulia, istri almarhum Harry Moekti, dan keempat anaknya terus bercucuran usai jenazah almarhum dimakamkan.

Liputan6.com, Jakarta - Air mata Ummu Haulia, istri almarhum Harry Moekti, dan keempat anaknya terus bercucuran usai jenazah almarhum dimakamkan. Jenazah pendakwah Harry Moekti dimakamkan di pemakaman keluarga yang tak jauh dari kediamannya Kampung Pasir Kuda, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (25/6/2018) pagi.

Ummu Haulia yang bernama asli Siti Nurjanah mengungkapkan suaminya sempat berpesan ingin dimakamkan di pemakaman keluarga di komplek Pondok Pesantren Al Inayah jika meninggal.

"Waktu awal menikah Abi (Harry Moekti) melihat ke depan ada kuburan keluarga. Abi lalu berpesan minta dimakamkan di situ karena enggak mau ngerepotin," kata Ummi.

Selama masa hidupnya, Harry Moekti selalu menasehati istri dan keempat anaknya. Bahkan, selalu mengingatkan anak-anaknya untuk mengikuti jejak ayahnya mensyiarkan agama Islam.

"Saya selalu dinasehati, ke anak juga begitu. Yang disampaikan tausiah. Hidupnya itu memang didedikasikan untuk dakwah ke keluarga dan jamaah," ungkap Ummi.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Firasat

Dia mengaku tidak mendapat firasat apapun. Sebab, saat mengisi tausiah di Bandung, Minggu (24/6/2018), Harry Moekti sehat bahkan detik-detik sebelum meninggal sempat bercanda dengan dirinya di Hotel The Edge Cimahi, Bandung.

"Sorenya masuk hotel. Setelah di kamar hotel sambil nunggu waktu tausiah, saya rebahan di kasur sambil buka WA (WhatsApp). Kaki saya dipijitin sama Abi sambil bercanda, ketawa-ketawa," kata Ummi.

Tak lama kemudian, Ummi pamit untuk mandi. Namun, pada saat itu dia mendengar suara seperti benda jatuh ke lantai. 

"Saya sempet manggil, Abi, Abi. Tapi tidak dijawab," ujar dia.

Begitu keluar dari kamar mandi, dia melihat suaminya dalam posisi duduk di lantai sambil bersandar di sofa. Kedua tangannya memegang dada seperti sedang merasakan sakit di jantungnya.

"Saya langsung manggil anak saya yang kedua lalu membawanya ke rumah sakit," kata Ummi.

Setelah kurang lebih satu jam berada di Rumah Sakit Dustira, Cimahi, Ummi menerima kabar dari dokter bahwa Harry Moekti meninggal dunia karena serangan jantung.

Ummi tidak menyangka jika undangan tausiah di Cimahi, Bandung adalah untuk terakhir kalinya dia mendampingi suaminya berdakwah.

"Setiap diundang dakwah di mana pun, saya selalu mendampingi beliau," kata Ummi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.