Sukses

Potret Kelam Pendidikan di Maros, Kolong Rumah Panggung Jadi Sekolah

Keadaan ini merupakan tantangan sang guru, karena harus menempuh jarak ke sekolah kolong selama 5 jam.

Fokus, Maros - Lebih dari 20 murid di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, belajar dengan fasilitas seadanya di kolong sebuah rumah panggung. Aktivitas tersebut telah berlangsung sejak 2013. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (25/06/2018), para siswa bahkan tak mengenakan seragam dan alas kaki. Namun, mereka tetap semangat bersekolah.

Bagi pengajar, kondisi ini menjadi tantangan tersendiri. Perjalanan yang harus ditempuh ke kolong rumah panggung membutuhkan waktu selama 5 jam. 

"Saya dari rumah sekitar jam 07.00. Kalau ke sini dengan berjalan kaki. Biasanya sampai setelah waktu dzuhur, sekitar pukul 13.00 dan 14.00 WIB. Karena sepeda motor disimpan di sebelah sana, kalau musim hujan begini harus dengan jalan kaki," ujar Abdul Khalik, guru sekolah kolong. 

Khalik menjadi guru satu-satunya yang mengajar ke-20 orang siswa. Untuk itu, masyarakat berharap pemerintah setempat memperhatikan keadaan ini dan membantu mereka. (Bayu Wibowo)

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.