Aksi Dramatis Lepasliarkan Macan Tutul Jawa di Cagar Alam Pengalengan

Oleh Maria Flora pada 25 Jun 2018, 18:15 WIB

Fokus, Bandung - Selama dua pekan lebih menjalani observasi di Kebun Binatang Bandung, seekor macan tutul Jawa dilepasliarkan oleh petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di kawasan Cagar Alam Gunung Tilu, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (25/06/2018), satwa liar langka yang diperkirakan berumur 1,5 ini sempat membuat warga takut, karena ditemukan masuk ke kandang ayam. Diduga ia kelaparan. 

Namun, keberadaannya tak menimbulkan korban jiwa, karena segera ditangkap dengan cara dibius dan langsung diobservasi.

"Pada saat penangkapan, kondisi macan tutul ini kurang sehat. Bisa dilihat dengan kondisi badan yang kurus, sehingga perlu dilakukan observasi dan perawatan. Setelah dirawat selama dua minggu lebih di Kebun Binatang Bandung, dan alhamdulillah sekarang kondisinya sudah sehat dan aktif," ujar Kepala BKSDA Jawa Barat, Memen Suparman.

Sementara itu, petugas BKSDA di Kabupaten Bandung mencatat ada lima ekor macan tutul yang hidup di Cagar Alam Gunung Tilu, Pangalengan.

Petugas Tim Penyelamat dari BKSDA Jawa Barat dan Tim dokter Kebun Binatang Bandung, akan terus memantau perkembangan dan kesehatan macan tutul yang dilepasliarkan.

Petugas juga menggunakan alat transponder berupa chip, serta memasang beberapa kamera pengawas agar pergerakan macan tutul bisa diawasi. (Bayu Wibowo)

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Akuarium Raksasa di Pusat Perbelanjaan China

Tutup Video