Sukses

Arus Balik, Stasiun Pasar Senen Dipadati Pemudik dari Berbagai Daerah

Meski telah terjadi puncak arus balik, lonjakan arus balik diperkirakan masih akan terjadi beberapa hari ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penumpang yang turun di terminal bayangan kedatangan Kampung Rambutan berangsur menurun. Dari data di posko arus mudik Terminal Kampung Rambutan, puncak arus balik terjadi pada H+4 dan lima kemarin dengan jumlah penumpang mencapai 30 ribu.

Meski telah terjadi puncak arus balik, lonjakan arus balik diperkirakan masih akan terjadi beberapa hari ke depan karena masih adanya libur anak sekolah. Sementara, arus balik sesudah libur Lebaran masih terlihat ramai Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018) pagi tadi.

Seperti ditayangkan Liputan6SCTV, Jumat (22/6/2018), keramaian arus balik tampak terlihat pada pemudik yang baru tiba turun dari kereta di stasiun kelas ekonomi. Kendati arus balik di Stasiun Pasar Senen sendiri sepanjang hari ini diperkirakan masih mencapai 23 ribu orang lebih yang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sementara lalu lintas di ruas Jalur Utama Selatan, termasuk Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, masih terpantau ramai dilintasi pemudik. Bahkan, di beberapa titik laju kendaraan tersendat, dan terjadi antrean akibat adanya pasar tumpah yang kembali beroperasi.

Kepadatan juga bertambah karena banyaknya aktivitas warga yang mulai bekerja pada hari kedua. Antrean kendaraan mencapai dua kilometer selepas Gerbang Tol Padalarang Timur ke arah Bogor.

Di Sumedang, suasana arus balik kendaraan di kawasan Jalan Raya Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, mengalami peningkatan. Kendaraan mengantre di depan Pasar Tanjungsari. Kemacetan disebabkan oleh adanya aktivitas pasar.

Guna mengurai kemacetan, pihak kepolisian sesekali mengarahkan kendaraan dengan melintasi jalur alternatif Pamulihan dan Parakan Muncang. Kemudian keluar di kawasan Rancaekek Bandung. (Ridho Insan Putra)Â