Sukses

HUT ke-491 Jakarta, Ancol Gelar Diskusi soal Penetapan Hari Lahir Ibu Kota

Diskusi yang dimoderatori Roni Adi dari perkumpulan Betawi Kita ini akan mengetengahkan soal penetapan hari lahir Jakarta setiap tanggal 22 Juni. Diskusi digelar hari ini pukul 15.30 di Pasar Seni Ancol.

Liputan6.com, Jakarta Merayakan hari ulang tahun ke-491 kota Jakarta pada hari ini, Jumat (22/6), manajemen Taman Impian Jaya Ancol menggelar diskusi bertajuk "Orang Betawi dan HUT Jakarta" di Panggung Utama, Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara. Hadir sebagai pembicara dalam diskusi ini, JJ Rizal (sejarawan) dan Sem Haesy (budayawan).

Diskusi yang dimoderatori Roni Adi dari perkumpulan Betawi Kita ini akan mengetengahkan soal penetapan hari lahir Jakarta setiap tanggal 22 Juni. Diskusi akan berlangsung di Panggung Utama Pasar Seni Ancol mulai pukul 15.30 WIB.

Rangkaian diskusi juga berlanjut tentang toponomi Kampung Betawi dari para pegiat dan komunitas Betawi, yang dimulai 23 Juni hingga 11 Agustus mendatang. Kegiatan tersebut didukung oleh Yayasan Sikumbang Tenabang, Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Betawi Kita, komunitas Baca Betawi, Pustaka Betawi, orangbetawi.com, dan Betawi Channel.

Pada esok hari (23/6), di Pantai Lagoon Ancol, ada acara "Explore Ondel-Ondel" yang menampilkan parade lebih dari 100 orang, terdiri dari 50 ondel-ondel, musik tanjidor, delman hias yang ditumpangi oleh finalis Abang None Jakarta, palang pintu, penari Betawi, pesilat, serta lenong Betawi yang khas. Di akhir parade ditutup dengan aneka lomba antar ondel-ondel, seperti sepak bola ondel-ondel serta flash mob tarian Betawi. Dilanjutkan dengan tribute Benyamin Suaeb oleh band Biang Kerok di panggung terapung (floating stage) di Pantai Lagoon Ancol. Acara ini digelar mulai jam 14.00-18.00 WIB.

Paul Tehusijarana, Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol, menjelaskan kawasan Pasar Seni diubah menjadi Kampung Budaya Betawi sebagai hadiah ulang tahun kota Jakarta yang ke-491.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah diresmikan Sandiaga

Di Kampung Budaya Betawi tersebut, para pengunjung Ancol dapat berwisata edukasi budaya asli Jakarta. Karena di sana ada pameran sejarah nama-nama kelurahan dan kecamatan di Ibu Kota, beragam pertunjukan seni, diskusi, hingga wisata kuliner Betawi seperti kerak telor, dodol betawi, nasi ulam, soto betawi, dan sebagainya yang menggugah selera. Di Kampung Budaya Betawi, juga disediakan spot foto yang Instagramable (laik Instagram).

Kampung Budaya Betawi telah diresmikan oleh Wakil Gubernur Sandiaga Uni pada 14 Juni lalu. Kampung Budaya Betawi siap mengajak pengunjung untuk bernostalgia Betawi tempo dulu. Ada galeri yang memamerkan sejarah nama kelurahan dan kecamatan yang dikemas dalam Wall of Frame di galeri North Art Space Pasar Seni. Ada juga toko oleh-oleh khas Jakarta di gerai Ok Oce Smart.

"Kami ingin menambah kemeriahan HUT ke-491 Jakarta dengan menampilkan Kampung Budaya Betawi dan akses gratis selama satu hari kepada pengunjung Ancol," ujar Paul Tehusijarana, dalam rilisnya, pada Merdeka.com, kemarin.

Para pengunjung juga dapat menikmati sejumlah acara di Kampung Betawi, antara lain pertunjukan lenong, gambang kromong, palang pintu, serta sejumlah dekorasi rumah Betawi dan ondel-ondel. Selain itu, ada galeri foto dengan dekorasi dan busana khas Betawi yang cocok untuk foto keluarga dan sahabat. Rangkaian perayaan HUT Jakarta ini sudah dimulai sejak libur Lebaran sampai 25 Juni yang merupakan puncak acara di Pasar Seni.

 

3 dari 3 halaman

Ondel-Ondel di Seaworld

Tak hanya di Pasar Seni dan Pantai Lagoon, sejumlah tempat wisata di Ancol pun ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-491 Jakarta. Pihak Seaworld Indonesia mempersiapkan pementasan "Ondel-Ondel Underwater" yang bisa dinikmati di Seaworld pada 22-24 Juni pukul 14.15 WIB.

Menurut Rika Lestari, Coorporate Communication Ancol Taman Impian, "Ondel-Ondel Underwater" baru pertama kali dilangsungkan dan khusus untuk menyambut HUT ke- 491 Jakarta.

 

Reporter: M. Syakur Usman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini