Perayaan HUT DKI, Jalan Kebon Sirih Dipenuhi Parkir Liar

Oleh Delvira Hutabarat pada 22 Jun 2018, 08:36 WIB
Perayaan HUT DKI, Jalan Kebon Sirih Dipenuhi Parkir Liar
Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Jumat, 22 Juni 2018, adalah HUT ke-491 DKI Jakarta. Berbagai agenda diadakan Pemprov DKI Jakarta untuk merayakan ulang tahun Ibu Kota.
 
Rangkaian HUT dimulai sejak satu bulan lalu, yakni Festival Danau Sunter hingga Open House Balai Kota Jakarta. 
 
Hari ini, perayaan dimulai dengan upacara HUT DKI dan rapat paripurna HUT DKI. Sayangnya, perayaan di Balai Kota hari ini diwarnai dengan parkir liar yang memenuhi trotoar di depan DPRD DKI, yakni di Jalan Kebon Sirih.
 
"Sehubungan rapat paripurna istimewa HUT DKI Jakarta 22 Juni 2018, mohon kiranya tidak parkir di area basement gedung DPRD,” tulis pengumuman di depan gerbang.
 
Menurut salah satu petugas penjaga gerbang, motor dilarang parkir di area parkir DPRD-Balai Kota lantaran semua area diperuntukkan untuk parkir mobil tamu-tamu perayaan HUT DKI. "Sampai bawah basement untuk mobil semua hari ini,” ucapnya.
 
Andi, salah satu PNS yang membawa motor, tampak bingung harus memarkirkan kendaraannya di mana. Ia pun memutuskan parkir di trotoar. "Bingung mau (parkir) di mana," kata Andi.
 
Petugas gerbang pun mengarahkan pemotor memarkir kendaraannya di trotoar depan DPRD. "Nanti dijagain, kok," ucap salah satu petugas.
 
Pantauan Liputan6.com, para pejalan kaki di Jalan Kebon Sirih harus berebut dengan pemotor untuk dapat berjalan di trotoar. Beberapa tampak memilih berjalan di pinggir jalan raya.
 
"Kok pada penuh (motor) trotoarnya," ujar Andika, seorang pejalan kaki.