Sukses

Libur Lebaran Usai, 30 Ribu Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Cikarang Utama

Volume kendaraan meningkat 21 persen dibandingkan dengan volume lalu lintas harian normal sebanyak 25 ribu kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Libur Lebaran telah usai. Para pemudik pun mulai kembali ke Ibu Kota. Pihak Jasa Marga mencatat, pada H+5, Kamis, 21 Juni 2018, sudah puluhan ribu kendaraan melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama (GT Cikarut).

"Pada H+5 sampai pukul 13.00 WIB, terpantau 30 ribu kendaraan melintasi GT Cikarang Utama," ujar Customer dan Employee Relations Assistant Manager Jasa Marga Panji Satriya melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 21 Juni.

Dia mengatakan, volume kendaraan ini meningkat 21 persen dibandingkan volume lalu lintas harian normal sebanyak 25 ribu kendaraan.

"Sebagai akumulasi, volume lalu lintas arus balik dari H+1 sampai H+4 Lebaran yang melintasi GT Cikarang Utama sebanyak 461 ribu kendaraan atau 64 persen dari volume lalu lintas total kendaraan yang melintasi GT Cikarang Utama selama arus mudik,” ucapnya.

Panji menjabarkan, pada H+1 Lebaran atau Minggu, 17 Juni 2018, sebanyak 90 ribu kendaraan sudah melintas GT Cikarut dan ini naik 27 persen dari lalu lintas normal.

"Pada H+2 Senin 18 Juni, sebanyak 116 ribu kendaraan, naik sebesar 63 persen dari lalu lintas normal sebesar 71 ribu kendaraan,” ucapnya.

Sedangkan pada H+3 Lebaran atau Selasa, 19 Juni 2018, sebanyak 130 ribu kendaraan dan ini naik 82 persen dari lalu lintas normal, 71 ribu kendaraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Atasi Lonjakan Arus Balik

Pada H+4, Rabu, 20 Juni 2018, sebanyak 124 ribu kendaraan melintasi gerbang tol, naik sebesar 75 persen dari lalu lintas normal, yaitu 71 ribu kendaraan.

"Tingginya volume lalu lintas ini diprediksi masih akan terjadi karena sampai H+4, masih sekitar 260 ribu kendaraan yang belum kembali atau sekitar 36 persen dari jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta pada saat arus mudik Idul Fitri 1439 H,” katanya.

Panji mengaku pihaknya siap mengatasi lonjakan arus balik dan menyiagakan pintu GT Cikarut apabila terjadi lonjakan.

"Sebagai bentuk antisipasi lonjakan volume lalu lintas, Jasa Marga tetap mempersiapkan pelayanan maksimal bagi para pengguna jalan dengan menyiagakan 33 gardu tol dan 15 buah Mobile Reader di GT Cikarang Utama, untuk mempercepat pelayanan transaksi,” jelas Panji.

Selain itu, lanjut dia, Jasa Marga juga terus berkoordinasi dengan Kepolisian untuk mempersiapkan upaya-upaya rekayasa lalu lintas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.