Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Ramai Lancar Hari Ini

Oleh Sunariyah pada 21 Jun 2018, 17:25 WIB
Diperbarui 21 Jun 2018, 17:25 WIB

Liputan6.com, Lampung - Arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, hari ini ramai lancar. Gelombang kedatangan calon penumpang Kapal Roro jauh berkurang dibandingkan hari sebelumnya. Kendati, sempat terjadi kepadatan pemudik pejalan kaki dan sepeda motor.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (21/6/2018), kepadatan di Pelabuhan Bakauheni tidak berlangsung lama. Kepadatan pemudik pejalan kaki cepat terurai dan langsung terangkut Kapal Roro yang akan menyeberangkan mereka ke Pelabuhan Merak, Banten. Kepadatan terjadi karena jumlah pemudik tujuan Pulau Jawa tidak sebanding dengan waktu bongkar muat dan jadwal kedatangan Kapal Roro.

Sementara di dermaga 7, arus balik pemudik sepeda motor juga ramai, namun kepadatan cepat terurai.

Selain itu, arus balik penumpang kapal laut masih terlihat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dua ribu pemudik dari Semarang telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok dengan Kapal Motor Dobonsolo. Diperkirakan puncak arus balik di Pelabuhan Tanjung Priok akan terjadi pada malam nanti.

Gelombang arus balik melalui Pelabuhan Tanjung Priok diperkirakan masih akan berlangsung hingga 23 Juni mendatang. Arus balik di Pelabuhan Tanjung Priok tahun ini meningkat sebesar 15 persen dibanding tahun lalu.

Sementara itu, guna mengurai padatnya arus balik di Jalur Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, sejak pagi hingga sore hari, jajaran Polres Kota Tasikmalaya kembali melakukan rekayasa lalu lintas dengan one way. Sambil mengatur lalu lintas saat one way, sejumlah polisi bersenjata lengkap dan polwan melakukan joget one way untuk menghibur pemudik.

Aksi ini dilakukan untuk menghibur pemudik dan anggota polisi agar semangat bertugas selama pengamanan arus mudik dan balik ini. (Muhammad Gustirha Yunas)