Sukses

Jokowi Segera Bertemu Pimpinan KPK Bahas Revisi KUHP

Menurut Jokowi, pertemuan dengan pimpinan KPK itu paling lambat akan dilaksanakan pada pekan depan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan pihaknya akan segera bertemu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pertemuan dengan pimpinan KPK ini sengaja dilakukan guna membahas masalah revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

"Oh ya nanti. Akan kita atur," kata Jokowi saat meninjau proyek pembangunan taxy way di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (21/6/2018).

Menurut Jokowi, pertemuan dengan pimpinan KPK itu paling lambat akan dilaksanakan pada pekan depan.

"Kalau enggak minggu ini, minggu depan awal," ucap Jokowi.

Sebelumnya, KPK menyatakan kesiapannya bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membahas RKUHP. Jokowi sebelumnya menjanjikan bertemu dengan KPK untuk membahas polemik ini.

"Insyaallah, KPK akan memenuhi undangan Presiden (Jokowi) untuk membahas RKUHP," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Selasa 12 Juni 2018.

Meski begitu, Agus tak menjelaskan secara rinci poin-poin yang akan disampaikan KPK dalam pertemuan tersebut. Agus hanya mengungkapkan keinginan institusinya untuk bertemu dengan Jokowi guna menyampaikan keberatan terkait pasal delik korupsi dalam RKUHP yang sedang dibahas.

"Kami masih seperti dalam posisi itu ya (menolak). Kami kalau diizinkan berkomunikasi dengan Bapak Presiden langsung, ya (bersedia)," kata Agus.

Agus menuturkan, keinginan bertemu Jokowi karena UU dibuat oleh pemerintah, dalam hal ini Presiden melalui para menterinya dengan DPR. Namun, pihaknya tetap menunggu sikap pemerintah terhadap pembahasan revisi KUHP tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • RKUHP