Sukses

Arus Balik, Polisi Terapkan One Way di Tol Palimanan ke Jakarta Sore Ini

Kakorlantas Polri Irjen Polisi Royke Lumowa mengatakan, secara keseluruhan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 lebih lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi berencana menerapkan sistem satu arah atau one way di Tol Palimanan mengarah ke Jakarta sore ini terkait arus balik pemudik. Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benjamin menyampaikan, one way dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIB.

"Iya benar," tutur Benjamin saat dikonfirmasi, Rabu (20/6/2018).

Benjamin menyebut, penerapan rekayasa lalu lintas tersebut tentu dimaksudkan untuk mengantisipasi kemacetan panjang arus balik. Terlebih, warga Jakarta yang mudik semakin bergegas kembali ke Ibu Kota lantaran akan kembali lagi ke rutinitas harian mereka.

"Dari Palimanan sampai Cawang mulai pukul 15.00 WIB," jelas Benjamin.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Polisi Royke Lumowa mengatakan, secara keseluruhan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami masih melakukan rekayasa-rekayasa, karena di rest area sampai sekarang masih ada antrean. Kami berlakukan contraflow setelah sebelumnya kami berlakukan one way untuk Jakarta-Cikampek, mundur sampai Palimanan," kata dia, Selasa sore 19 Juni 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka Kecelakaan Turun

Tak hanya itu, Royke juga menyebut angka kecelakaan pada mudik dan balik kali ini menurun 20 persen.

"Yang meninggal hanya 40 persen (dari total jumlah korban kecelakaan). Semoga sampai akhir masa mudik dan balik lebaran kali ini tidak bertambah," beber Royke.

Berkaca dari kasus Brebes Exit yang mana kemacetan arus mudik dan balik lebaran 2016 silam mengakibatkan, korban meninggal dan menjadi perhatian dunia, Royke mengatakan, perbaikan-perbaikan telah dilakukan baik oleh Pemerintah maupun Polri.

"Pasti kasus Brexit itu menjadi bahan evaluasi. Itu kan 2016, ya. 2017 lalu sudah diperbaiki. Sekarang terus diperhatikan sampai penggalan-penggalan tol fungsional akan terus di fungsikan. Lumayan tol fungsional sudah bisa mengurangi kepadatan," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.