Sukses

Arus Balik, 18.318 Pemudik Masuki Stasiun Gambir

Jumlah orang yang memasuki Jakarta ini meningkat dibandingkan Sabtu, 16 Juni 2018.

Liputan6.com, Jakarta Musim mudik sudah usai. Kini, para pemudik sudah mulai kembali dari kampung halamannya. Di stasiun Gambir tercatat ada 18.318 penumpang yang memasuki Jakarta.

Pantauan di lokasi, selain pemudik yang kembali ke Jakarta, masih banyak pula yang hendak pergi ke kampung halamannya. Mulai dari Kota Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta, hingga Cilacap. Semua pemudik tampak tertib dan mengikuti semua aturan dari para petugas stasiun.

Jumlah orang yang memasuki Jakarta ini meningkat dibandingkan Sabtu, 16 Juni 2018 lalu.

"Kemarin ada 12.988 yang masuk," ungkap kata salah satu petugas daerah operasi I, Stasiun Gambir yang enggan disebutkan namanya itu.

Hari ini, Stasiun Gambir juga memberangkatkan 18.159 penumpang dengan memberikan 13 keberangkatan tambahan. Sebanyak 17.758 penumpang berangkat dengan kereta tambahan itu.

Arus balik juga mulai terasa di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Peningkatan kendaraan arus balik terlihat sejak Sabtu, 16 Juni 2018 malam.

Kasatlantas Polres Karawang AKP Arman Sahiti menjelaskan, peningkatan volume kendaraan didominasi kendaraan pribadi.

"Ya, kendaraan pemudik arus balik sudah mulai terlihat dengan adanya peningkatan kendaraan pribadi mengarah ke Jakarta," kata AKP Arman Sahiti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan

Untuk menghindari kepadatan, pengendara diimbau dapat menyiasati dan mengantisipasi perjalanannya kembali ke Jakarta baik dari segi waktu, serta tidak hanya fokus menggunakan jalur utama, tetapi bisa melalui jalan alternatif.

"Padatnya lalu lintas di sejumlah titik mengarah ke Jakarta, yaitu di Km 62 dan 94 hingga Km 46 disebabkan adanya aktivitas keluar masuk kendaraan ke rest area," jelas Arman.

Sementara arus lalu lintas sebaliknya, yaitu dari Jakarta mengarah ke Cikampek terpantau mulai lancar. Contra flow atau melawan arah sudah tidak diberlakukan.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.