Sukses

Macet Panjang di Gerbang Tol Ciawi Mengular Hingga 2 Km

Ribuan kendaraan yang hendak masuk kawasan Puncak Bogor melalui gerbang Tol Ciawi terjebak kemacetan panjang pada H+2 Lebaran.

Liputan6.com, Bogor - Ribuan kendaraan yang hendak masuk kawasan Puncak Bogor melalui gerbang Tol Ciawi terjebak kemacetan panjang pada H+2 Lebaran. Antrean kendaraan di pintu tol tersebut lebih dari 2 kilometer.

Macet tak kalah panjang juga terjadi selepas pintu Tol Ciawi atau di KM 45 hingga Tanjakan Selarong KM 49. Antrean telah terjadi sejak pukul 06.30 WIB seiring meningkatnya volume kendaraan wisatawan yang hendak masuk kawasan Puncak.

Tercatat kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak melalui gerbang Tol Ciawi sejak 16 Juni 2018 hingga pagi ini mencapai 38.716 kendaraan, didominasi mobil pribadi.

Di kawasan Puncak, kepadatan terjadi di Simpang Pasir Muncang hingga ruas Cibogo, Simpang Megamendung, Pasar Cisarua, dan Simpang Taman Safari Indonesia. Arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Puncak padat merayap.

"Untuk mengurangi kepadatan tersebut kami berlakukan sistem satu arah lebih cepat dari biasanya, yakni pukul 07.00 WIB jadi pukul 07.30 WIB," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama, Minggu (17/6/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simpul Kepadatan

Hasby menyebut terdapat beberapa simpul kepadatan di wilayah kawasan jalur Bogor Puncak Cianjur diantaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Megamendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

"Melihat jalur Puncak padat, kami imbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur untuk menggunakan jalur alternatif melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 km," kata dia.

Petugas juga melakukan kanalisasi jalur yang ingin menuju Sukabumi agar dapat mengambil jalur paling kanan, karena antrian ke puncak cukup panjang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.