Sukses

Tol Jakarta-Cikampek, Contra Flow Diperpanjang dari KM 35 Hingga KM 61

Kepadatan kendaraan pemudik jelang akses masuk rest area KM 33, KM 39, KM 50, dan KM 57, serta jalan menyempit di KM 37+500.

Liputan6.com, Purwakarta - Satu hari setelah lebaran arus kendaraan pemudik menggunakan kendaraan pribadi masih memadati ruas Tol Jakarta-Cikampek. Untuk mengurai kepadatan akibat meningkatnya volume kendaraan, PT Jasa Marga berkoordinasi dengan pihak kepolisian memperpanjang contraflow dari KM 35 sampai dengan KM 61+500 arah Cikampek.

"Contra flow diberlakukan mulai Km 35-61 arah Cikampek, rekayasa arus di ruas Tol Jakarta-Cikampek untuk mengurai kepadatan volume kendaraan yang terus meningkat pada H+1 Lebaran," kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP Arman Sahiti, Sabtu (16/06/2018) saat dikonfirmasi.

Kepadatan kendaraan pemudik jelang akses masuk rest area KM 33, KM 39, KM 50, dan KM 57, serta jalan menyempit di KM 37+500.

"Untuk mendukung kelancaran contra flow, kami menyiagakan petugas pengaturan lalu lintas dan penyiapan rambu-rambu," kata Arman.

Oleh karena itu, Pihak Kepolisian mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan mengikuti arahan petugas

"Walaupun puncak arus mudik sudah dilewati namun pasca Hari Raya Idul Fitri kendaraan dari arah Jakarta masih memadati ruas Tol Jakarta-Cikampek," papar Kasatlantas Polres Karawang.

Sebelumnya contra flow diberlakukan sejak Km 35 hingga Km 47 diberlakukan sejak pukul 08.00 .namun dampak Volume kendaraan terus meningkat petugas memperpanjang ruas contra flow hingga Km 61 Tol Jakarta-Cikampek arah Bandung dan Tol Cipali .

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Buka Tutup

Pantauan Liputan6.com sejak pukul 16.00 WIB, volume kendaraan masih padat di ruas tol Jakarta-Cikampek. Kepolisian memberlakukan sistem buka tutup Rest Area sejak Sabtu siang.

"Kepadatan kendaraan yang berhenti untuk beristirahat dan mengisi bahan bakar minyak kerap melebihi daya tampung rest area, sehingga diberlakukan buka tutup," kata Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya.

Slamet menuturkan, bila mana rest area melebihi kapasitas daya tampung kendaraan langsung diarahkan menuju rest area berikutnya.

"Kita berlakukan buka tutup, kalau rest area 57 penuh ,agar tidak terjadi kepadatan karena mengganggu arus lalu lintas," ujarnya.

Kapolres Karawang menghimbau kepada masyarakat yang akan melintas di ruas Tol Jakarta Cikampek dan bilamana akan memasuki Rest Area KM 57 apabila masih dalam keadaan ditutup dimohon untuk mencari tempat peristirahat atau kantung parkir selanjutnya, jangan sampai berhenti di bahu jalan karena akan sangat berbahaya bagi diri sendiri dan kendaraan lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini