Arus Balik, Kemenhub Sediakan Kapal untuk Pemudik Motor Semarang-Jakarta

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 16 Jun 2018, 14:03 WIB
Ribuan Peserta Ikuti Mudik Gratis Kemenhub dengan Kapal Laut

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyediakan kapal laut untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor secara gratis, pada arus balik. Kapal laut tersebut disediakan untuk tujuan Semarang menuju Jakarta.

"Saya optimis untuk arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2018 akan berjalan dengan sukses seperti halnya waktu arus mudik kemarin," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H Purnomo Agus dalam keterangannya, Sabtu (16/6/2018).

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Chandra Irawan menuturkan, pelaksanaan arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Semarang ke Jakarta akan dimulai pada 18 Juni sampai 22 Juni 2018.

"Kami menyiapkan 16 kapal yang siap mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta," ujar Chandra.

Dia memprediksi tingkat keterisian kapal mudik gratis akan tinggi, mengingat mudik gratis dengan kapal laut dapat membantu menjaga kondisi fisik para pemudik untuk kembali dan segera beraktivitas setelah libur lebaran.

Di samping itu, untuk arus balik, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiapkan hadiah door prize yang diundi di atas kapal di setiap pelayarannya.

"Data per hari ini, jumlah pendaftar mudik gratis sepeda motor arus balik dari Semarang ke Jakarta mencapai 76.36 persen dan diprediksi akan terus bertambah. Khusus arus balik ini, kami menyiapkan sejumlah door prize untuk para pemudik yang akan diundi di atas kapal seperti televisi, telepon genggam, voucer belanja dan lain sebagainya," kata Chandra.

Petugas menata sepeda motor yang mengikuti mudik gratis Kementerian Perhubungan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (13/6). Selain 11.938 pemudik, Kemenhub juga memberi kuota gratis kepada 5.555 sepeda motor. (Merdeka.com/Imam Buhori)
Ribuan Peserta Ikuti Mudik Gratis Kemenhub dengan Kapal Laut
2 of 2

Manfaat Mudik Gratis

Dia juga mengajak masyarakat yang belum merasakan manfaat dari mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut.

Bagi para pemudik yang ingin mendaftar, dapat langsung mendatangi posko mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mulai 17 Juni 2018 pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

"Kami mengimbau agar para pemudik sepeda motor untuk arus balik dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Nikmati pelayaran mudik gratis dengan kapal agar tiba di Jakarta dengan aman, selamat, tertib dan nyaman," pungkas Chandra.

Lanjutkan Membaca ↓