Sukses

Tunjukan Eksistensi, Warga Kampung Akuarium Gelar Open House

Untuk menambah suasana kebersamaan, masing-masing warga membawa makanan yang disajikan secara bersama-sama.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, menunjukan eksistensinya di perayaan Idul Fitri 1439 H hari ini dengan menggelar open house secara sederhana.

Open house memang umum dilaksanakan masyarakat Indonesia dengan membuka rumah mereka menerima kunjungan tamu untuk saling bersilaturahmi, makan bersama atau hal lainnya usai melaksanakan Salat Id. Bedanya, warga Kampung Akuarium melaksanakannya secara bersama-sama.

"Ini jadi open house-nya warga Kampung Akuarium untuk menunjukkan ke dunia luar bahwa kami masih ada di sini, masih bertahan di sini," kata Koordinator Wilayah Kampung Akuarium, Dharma Diani (45), Jumat (15/6/2018). 

Acara open house itu digelar di Musalah Al Ma'mur usai Salat Id dilaksanakan. Untuk menambah suasana kekeluargaan, masing-masing warga membawa makanan yang disajikan secara bersama-sama. 

"Makanan dan masakan ini urunan dari warga. Kalau mau dilihat makanannya sih tidak ada apa-apa, biasa saja, tapi inilah kebersamaan kami yang berangkat dari penderitaan kami, ini salah satu yang merekatkan kami," ujar Dharma seperti dilansir dari Antara. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Penampungan Sementara

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pada 2016 menggusur bangunan liar di empat wilayah dekat Pelabuhan Sunda Kelapa.

Keempat wilayah yang dianggap pemukiman kumuh itu, antara lain adalah Kampung Luar Batang, Pasar Ikan, Kampung Akuarium dan kawasan Pasar Ikan.

Warga korban gusuran yang ber-KTP DKI Jakarta diarahkan untuk menempati sejumlah rumah-rusun. Pemprov DKI mendirikan shelter sebagai tempat penampungan sementara bagi warga korban gusuran itu.

 Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.