Sukses

Titiek Soeharto Pindah ke Partai Berkarya, Suara Golkar Diprediksi Merosot

Rico menilai penurunan elektabilitas karena kepindahan sosok besar seperti Titiek Soeharto, sudah teruji diinternal Partai Golkar.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lembaga Survei Median Rico Marbun mengatakan, keluarnya tokoh berpengaruh dari sebuah partai akan berdampak pada elektabilitas partai tersebut. Hal itu, kata dia, juga berlaku bagi Partai Golkar yang ditinggal pindah sosok Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto ke Partai Berkarya.

"Kalau ini terjadi realnya, kasat matanya semakin berkurang lagi yah, semakin berkurang," kata Rico saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (13/6/2018).

Menurutnya, penurunan elektabilitas karena kepindahan sosok besar juga sudah teruji diinternal Partai Golkar. Salah satunya dengan kepindahan Wiranto ke Partai Hanura.

"Contohnya Pak Wiranto keluar dari Golkar buat Hanura, kemudian Pak Prabowo dulu setelah gagal konvensi buat Partai Gerindra. Bisa kita katakan, Nasdem lah yang dulu dekat, Surya Paloh buat Nasdem. Itu semua mengurangi size elektoran dari Golkar," ungkapnya.

Terlebih lagi, lanjut Rico, partai berlambang pohon beringin itu belum pulih dari penurunan elektabilitas pergantian kepemimpinan dari Setya Novanto ke Airlangga Hartarto. Hal itu, tambahnya, membuat elektabilitas Golkar semakin terperosok.

"Dia belum pulih dari pergantian kepemimpinan yang tidak terjadi secara natural. pergantian pimpinan secara terus menerus dalam perjalanan kasus yang merundung para pemimpinnya, sampai akhirnya kita lihat sekarang, pecah," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keyakinan Golkar

Sebelumnya, Ketua DPP Bidang Media dan Penggiringan Opini Partai Golkar Ace Hasan Syadzily yakin, paska hengkangnya Titiek partainya tidak akan ditinggal para pencinta keluarga Cendana.

Sebab, kata dia, Golkar masih berpegangan pada prinsip ideologi pembangunan yang diturunkan oleh Soeharto.

"Kami yakin tidak (tidak ditinggal loyalis Cendana). Yang penting kami tetap mengusung semangat ideologis yang diajarkan Pak Harto, yaitu ideologi pembangunan," kata Ace saat dihubungi merdeka.com, Rabu (13/6/2018).

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.