Sukses

Jelang Lebaran, Penumpang Transjakarta Gratis ke Tanah Abang 10 Ribu Per Hari

Di tengah padatnya pengunjung Pasar Tanah Abang jelang Lebaran, jumlah penumpang Transjakarta gratis justru menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Lebaran, kawasan Pasar Tanah Abang semakin padat pengunjung. Kepadatan mulai terlihat dari Stasiun Tanah Abang. Di trotoar, di dekat pintu keluar stasiun, jumlah pedagang juga semakin banyak. Pedagang berjualan di trotoar sepanjang Jalan Jati Baru Raya yang bersisian dengan stasiun.

Layanan Transjakarta gratis atau bus GR 2 masih diberlakukan sampai saat ini. Di tengah padatnya pengunjung Pasar Tanah Abang jelang Lebaran, jumlah penumpang justru menurun.

Koordinator Lapangan Petugas Layanan Bus GR 2, Hasanuddin mengatakan, di pekan terakhir Ramadan jumlah penumpang Transjakarta gratis mencapai lebih dari 10 ribu orang per hari. Jumlah ini menurutnya mulai turun dan tidak sebanyak pertengahan puasa.

"Di atas 10 ribu lebih jelang Lebaran. Kalau pertengahan puasa kemarin bisa sampai 17 ribu per hari," jelasnya saat ditemui Merdeka.com, Rabu (13/6/2018).

"Ini namamya sudah berkurang. Puncaknya pas pertengahan puasa," tambahnya.

Untuk melayani pengunjung Pasar Tanah Abang, jumlah armada bus yang beroperasi juga dikurangi yaitu hanya 10 unit per hari. "Kalau menjelang Lebaran armada mulai dikurangi," ujarnya.

Ia mengatakan, biasanya bus Transjakarta gratis yang dioperasikan mencapai 15 unit di hari-hari biasa dan pada hari libur bertambah menjadi 20 unit. "Sekarang malah cuma 10 armada," sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jam Operasional Tetap

Bus Transjakarta GR 2 hanya melayani rute sekitar Pasar Tanah Abang. Rute melewati enam perhentian yaitu Stasiun Tanah Abang, Pasar Blok G, Pasar Blok B dan C, Auri, Pasar Blok E, Flyover Jati Baru dan kembali lagi ke Stasiun Tanah Abang. Operasional bus digratiskan sejak Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta

Hasanuddin mengatakan, jam operasional bus tetap sebagaimana hari-hari biasa yaitu mulai pukul 08.00 sampai 15.00.

"Jam operasional sama bulan puasa atau bukan bulan puasa," kata dia.

Khusus di hari Lebaran, ia belum tahu apakah GR 2 tetap beroperasi atau libur. "Belum tahu lebaran libur atau enggak. Masih nunggu keputusan dari kantor," pungkasnya.

Reporter: Hari Ariyanti

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.