Sukses

Pindah Parpol Titiek Soeharto Pilihan Strategis Keluarga Cendana?

Dia mengatakan, berkali-kali keluarga Cendana berusaha masuk ke partai politik atau membangun partai baru, tapi tidak sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Siti Hediyati Hariyadi atau Titiek Soeharto memilih mengundurkan diri dari Partai Golkar dan bergabung dengan Partai Berkarya. Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menilai, apa yang dilakukan Titiek merupakan pilihan strategis untuk keluarga Cendana.

"Karena sejauh ini Cendana ada hasrat untuk kembali memainkan peran di dalam politik, tapi tidak ada ruang," ujar Boni di Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Dia mengatakan, berkali-kali keluarga Cendana berusaha masuk ke partai politik atau membangun partai baru, tapi tidak sukses.

"Pilihan hari ini, menurut saya sebuah pilihan strategis kalau mau bicara soal masa depan politik Cendana. Bagaimana kontribusi anak-anak Soeharto di dalam membangun Indonesia ke depan," ucap Boni.

Dia menilai, mungkin keluarga Cendana ingin menebus dosa masa lalu. Tapi ia menegaskan, ini merupakan pilihan terbaik bagi Partai Berkarya untuk bergabung dengan Jokowi.

"Saya pikir kalau misalnya Partai Berkarya jadi pendukung Jokowi itu justru akan memperkuat karena sempalan-sempalan Golkar menyatu kembali, meskipun tidak di tangan Golkar, tapi disatukan oleh simbol Joko Widodo," jelas Boni.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi di Yogyakarta

Sebelumnya, kader senior Partai Golkar Siti Hediyati Hariyadi atau Titiek Soeharto resmi bergabung sebagai kader Partai Berkarya. Pendeklarasian tersebut dilaksanakan di Desa Kemusuk, Yogyakarta.

"Sudah deklarasi (tadi) di Yogyakarta," kata Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang saat dihubungi Liputan6.com, Senin 11 Juni 2018.

Dia menjelaskan, alasan dipilihnya Yogyakarta sebagai lokasi pendeklarasian karena rumah di Desa Kemusuk tersebut merupakan tempat tinggal ayah Titiek, Presiden Soeharto kala itu.

"Iya kan itu rumah Pak Harto, dan di sana ada patung Pak Harto juga," ucapnya.

Momentum pendeklarasian tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso dan kader Partai Berkarya di Yogyakarta.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.