Cerita Mudik Lewat Tol Trans Sumatera, Gratis dan Banyak Spot Indah

Oleh Sunariyah pada 12 Jun 2018, 20:58 WIB
Proyek Tol Trans Sumatera Medan-Binjai (Foto: Dok BPJT Kementerian PUPR)

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, musim mudik Lebaran tahun ini bisa terbilang lancar dan aman. Hingga H-2 Lebaran, tak terdengar cerita tentang nestapa pemudik di jalanan biasa atau jalan tol akibat kemacetan dan kondisi jalan rusak.

Sebaliknya, sejumlah pemudik menceritakan pengalamannya dimanjakan oleh jalur-jalur tol fungsional yang baru dibuka untuk arus mudik tahun ini.

Seperti yang diceritakan Doni Syafar Diman. Doni bersama keluarganya mudik ke Payakumbuh, Sumatera Barat. Berangkat 9 Juni 2018, mereka menyeberang di Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Sumatera.

Meski sempat tersendat selama 3 jam saat mengurus tiket online penyeberangan, Doni bersyukur kelelahannya terbayar dengan mendapatkan kapal yang bagus. Kapal ini mampu menyeberangkan para pemudik lebih cepat dari pengalaman-pengalaman sebelumnya.

"Dapat kapal bagus dan cepat, di bawah 2 jam susah sampai, biasanya nyeberang butuh 3 jam," kata Doni yang merupakan anggota Nissan Livina Club, kepada Liputan6.com, Selasa (12/6/2018).

Doni mengaku, mudik tahun ini bersama rombongan Mudik Bareng Lintas Komunitas (MBLK) yang digagas oleh Pasukan Subuh. Tiba di Bakauheni, Doni bersama rombongan melintasi wilayah lampung dengan melewati Tol Bakauheni Selatan hingga keluar di pintu tol Bakauheni Utara.

Dari pintu Tol Bakauheni Utara, perjalanan dilanjutkan dengan memasuki Tol Terbanggi dan keluar di pintu Tol Kotabaru, untuk selanjutnya memasuki wilayah Sumatera Selatan.

Doni yang sering mudik menggunakan jalur darat, sangat terkesan dengan jalan tol lintas Sumatera yang dilaluinya.

"Free tarif, jalan tolnya bagus, kontur jalannya berkelok turun naik, view-nya bagus, sangat instagramable," tutur Doni yang juga anggota Jalinsum Lover (Pencinta Jalan Lintas Sumatera) dengan nomor keanggotaan JLO 300.

 

1 of 2

Banyak Spot Indah

Jalan Tol Trans Sumatera, Bakauheni, Lampung.
Jalan Tol Trans Sumatera, Bakauheni, Bandar Lampung. (Doc.Doni Syafar Diman)

Jalan Tol Bakauheni–Bandar Lampung–Terbanggi-Kotabaru merupakan bagian dari jaringan tol Trans Sumatera yang tengah dibangun oleh Pemerintahan Jokowi.

Ruas tol sepanjang 140,938 kilometer ini belum sepenuhnya rampung, namun sebagian sudah mulai difungsikan untuk mudik tahun ini.

Kondisi jalanan yang lancar, aman, dan banyak spot indah membuat Doni sering berhenti di beberapa tempat untuk sekedar istirahat dan berfoto.

"Tol Trans Sumatera, oke, sangat membantu. Lebih aman juga dari tahun-tahun sebelumnya," ucap Doni yang tinggal di Bekasi, Jawa Barat.

Doni menyebut, pemudik yang menggunakan jalur darat ke Sumatera tahun ini lebih ramai dari sebelumnya. Meski demikian jalanan lancar.

"Lebih ramai karena mungkin libur lebih panjang, jadi orang-orang yang biasanya mudik dengan jalur udara, memilih lewat darat," papar Doni. Pemudik juga tidak perlu khawatir karena banyak tempat istirahat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
james jasperjames jasper

mantab Pak Jokowi