Sukses

24.809 Pemudik Diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen Hari Ini

Jumlah penumpang dari Stasiun Pasar Senen akan terus bertambah hingga beberapa hari ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen semakin bertambah. Memasuki H-4 Lebaran 2018, sebanyak 24 ribu pemudik tercatat berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Humas Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 1 Edi Kuswoyo menyebut jumlah penumpang dari Stasiun Pasar Senen itu akan terus bertambah hingga beberapa hari ke depan.

"Kurang lebih jumlahnya 24.809 penumpang dari pagi hingga malam," kata Edi kepada Liputan6.com pada Senin (11/6/2018).

Untuk memberangkatkan ribuan penumpang tersebut, dia menyatakan, Stasiun Pasar Senen menyediakan sebanyak 34 kereta api yang terdiri dari 26 kereta reguler dan 8 kereta tambahan.

"Kereta api reguler dan tambahan itu untuk keberangkatan dari pagi sampai malam hari dari Stasiun Pasar Senen," jelas Edi.

Pantauan Liputan6.com lorong stasiun dipadati penumpang yang menunggu kereta keberangkatan. Ada yang sambil tiduran ada pula yang hanya duduk-duduk saja bersama barang bawaannya.

Untuk ruang tunggu juga telah dipenuhi para pemudik. Bangku yang telah disediakan juga tidak muat untuk menampung banyaknya pemudik. Ada dari mereka juga memilih duduk di lantai.

Posko pelayanan keamanan juga disediakan di depan pintu keberangkatan. Beberapa aparat kepolisian yang menggunakan senjata laras panjang juga berjaga-jaga di beberapa titik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keamanan dan Kesehatan

Sedangkan untuk layanan kesehatan dengan dua orang petugas berada di depan ruang tunggu keberangkatan atau samping pintu keberangkatan.

Edi Kuswoyo juga menyebut sebanyak 76 petugas keamanan bertugas di Stasiun Pasar Senen. Petugas tersebut terdiri dari Polri, TNI, hingga petugas keamanan dari stasiun.

"Dari petugas internal dan eksternal kereta api, kalau di Stasiun Gambir itu kurang lebih 100 petugas keamanan dari pagi sampai malam hari," kata Edi.

Meskipun tiket untuk keberangkatan pada 5-16 Juni telah habis terjual, Edi menyebut penjualan tersebut habis untuk tujuan jalur selatan Jawa.

"Tujuan itu ke lintas selatan, mulai dari Purwokerto Kutoarjo, Yogjakarta, Solo sampai Malam," ucapnya.

Selanjutnya, Edi menyebut 13 Juni menjadi puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen. "Puncaknya nanti H-2 lebaran kalau di Stasiun Pasar Senen," jelas Edi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.