Sukses

H-5 Lebaran, Pemudik Memadati Bandara, Stasiun dan Terminal

Lima hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, terminal, stasiun kereta dan terminal bus mulai dipadati penumpang yang akan mudik ke sejumlah daerah.

Liputan6SCTV, Tangerang - Lima hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, dipadati ribuan calon penumpang yang akan mudik ke sejumlah daerah. Peningkatan jumlah pemudik juga terjadi di Stasiun Senen dan Terminal Pulogebang, Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (10/6/2018), kepadatan calon penumpang pesawat terlihat  di Terminal Domestik 1C, Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten. Minggu pagi, 10 Juni 2018, jumlah penumpang yang akan akan terbang mencapai 204 ribu penumpang.

Mayoritas calon penumpang akan mudik ke Surabaya, Denpasar, Padang, Makassar dan Kualanamu.

Data dari Posko Mudik Lebaran mencatat, tren kenaikan jumlah penumpang sudah terjadi sejak Sabtu kemarin. Jumlah penumpang mengalami peningkatan 15 persen dibanding tahun lalu. Lebih dari 1,3 juta penumpang telah diberangkatkan selama tiga hari pada musim mudik Lebaran.

Sementara itu, Terminal Terpadu Pulogebang Jakarta Timur, juga mulai dipadati calon penumpang yang akan mudik Lebaran. Mayoritas penumpang bus akan mudik ke sejumah kota di Pulau Jawa. Jumlah pemudik di terminal megah ini meningkat, seiring dengan mulainya cuti bersama libur Lebaran 2018.

Kebersihan terminal dan fasilitas Terminal Terpadu Pulogebang yang modern dan lengkap, membuat para pemudik nyaman untuk berangkat dari terminal tersebut. Diperkirakan, jumlah penumpang akan  terus meningkat hingga sore nanti.

Kepadatan arus mudik juga terlihat di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat. Minggu pagi, setidaknya 25 ribu pemudik asal Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai memenuhi stasiun.

Para pemudik mengaku, untuk mendapatkan tiket kereta, mereka sudah memesan tiga bulan sebelum keberangkatan. Membludaknya para pemudik, PT. KAI akan menambah rangkaian keberangkatan kereta selama musim mudik Lebaran. (Galuh Garmabrata)