Sukses

Tak Beri Tahu Rekan, Kenapa Yudi Latif Umumkan Pengunduran Diri di Medsos?

Haryono berharap bisa bertemu dengan Yudi Latif hari ini untuk menanyakan kabar tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah koleganya di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kaget mengetahui pengunduran diri Yudi Latif. Bahkan, hingga saat ini rekan-rekan kerjanya tak mengetahui alasan Yudi Latif mundur dari jabatannya sebagai ketua pelaksana.

"Saya baru baca tulisan di grup WA, kaget," Wakil Kepala BPIP Haryono, Jumat (8/6/2018).

Dia menuturkan, pernyataan Yudi Latif ini terbilang mendadak karena tidak ada pembicaraan sama sekali, bahkan dengan jajaran BPIP. "Mendadak ini," ungkap Haryono.

Dia berharap bisa bertemu dengan Yudi Latif hari ini untuk menanyakan kabar tersebut.

"Ya ini kan belum sempat ketemu beliau. Mudah-mudahan beliau hari ini ke kantor," pungkas Haryono.

Bahkan, Yudi Latif rupanya juga tak memberitahu para dewan pembinaan.

Anggota Dewan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Try Sutrisno mengaku belum mengetahui pengunduran diri Yudi Latif. Bahkan, ketika ditanya wartawan, Tri Sutrisno tampak kaget dengan kabar itu.

"Wah masa sih? Saya belum dengar itu," kata Try Sutrisno di Jakarta.

Untuk itu, Try Sutrisno juga belum mengetahui alasan Yudi Latif mundur.

"Enggak mundur ah. Belum tahu," kata Try Sutrisno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengapa Pilih Medsos?

Yudi Latif lebih memilih media sosial (medsos) untuk mengumumkan pengunduran dirinya. Dia mengunggah tulisan panjang berjudul "Terimakasih, Mohon Pamit" di akun Facebook dan Twitter-nya.

Dalam tulisan panjang itu, dia curhat tentang apa yang dikerjakan BPIP. "Selama setahun itu, terlalu sedikit yang telah kami kerjakan untuk persoalan yang teramat besar," tulis Yudi Latif.

Selain baru sedikit yang dikerjakan, kata dia, BPIP juga memiliki sedikit kewenangan eksekusi. Apalagi, kata dia, dengan anggaran yang menginduk pada salah satu kedeputian di Seskab, kinerja UKP-PIP dinilai dari rekomendasi yang diberikan kepada Presiden.

"Kemampuan mengoptimalkan kreasi tenaga pun terbatas," kata dia.

Namun, mengapa Yudi Latif justru memilih media sosial untuk mengeluarkan unek-uneknya ini? Hanya Yudi Latif yang tahu.

3 dari 3 halaman

Pulang Kampung

Sebelum memberi tahu kepada rekan-rekannya alasan pengunduran diri ini, Yudi Latif rupanya sudah pulang ke kampung halamannya.

Salah satu sopirnya, Amar, saat ditemui Liputan6.com mengatakan, Yudi tengah ke Sukabumi, Jawa Barat, bersama anaknya, sejak tadi subuh.

"Bapak sudah ke Sukabumi bersama anaknya sejak subuh," kata Amar, Jumat (8/6/2018).

Dia menuturkan, kepergian Yudi ke Sukabumi bersama keluarganya, untuk merayakan Idul Fitri. "Mau Lebaran di sana," ungkap Amar.

Dia juga mengetahui sudah tahu kabar Yudi Latif mengundurkan diri dari BPIP, tapi enggan bercerita lebih jauh. "Tahulah, kan saya sopirnya. Masa enggak tahu," jelas Amar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.